Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Bohlam Double Coating, Solusi Cahaya Kuning-Putih
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama



JAKARTA - Bagi Anda yang punya masalah dengan sinar lampu mobil, memilih bohlam headlamp bisa jadi urusan yang ribet. Misalnya dari sisi warna cahaya yang berhubungan dengan jarak pandang. Lebih cocok mana, yang warna putih kebiruan atau kekuningan. Atau mungkinkah memadukan keduanya cahayanya? Bisa jadi solusi ini yang coba ditawarkan oleh Wealthy group dengan melansir bohlam double coating.

“Pemikirannya simpel, yakni melapis dua kali quartz glass bohlam agar cahayanya berbeda,” terang Cin Kiang, Sales Manager bohlam Wealthy, di Meruya, Jakbar. Secara kasat mata pelapis di glass bohlam ini berwarna biru. Sedangkan di tengah tampak polos namun sebenarnya ada lapisan bening juga. 

Kelebihannya, saat lampu normal ON atau lampu dekat maka sinar yang keluar akan normal atau kekuningan. “Saat hujan daya tembus ke aspal lebih tinggi,” tambah pria berkaca mata ini. Sedang kala beam atau lampu jauh, sinar putih kebiruan yang akan keluar dan diyakini lebih ampuh untuk jarak jauh.


 Four Season Atau All Weather. Cocok menembus kabut

Sedikit reminder, sinar putih kebiruan paling terang datang dari Xenon HID dengan 4.000-8.000 Kelvin. Bohlamnya dilengkapi ballast dan igniter yang akan memendarkan gas Xenon di dalam bohlam. Kalau 5 tahun lalu harga perset bisa mencapai Rp 5-9 juta, maka sekarang lebih terjangkau.”Range harga Rp 1,250-2,5 juta untuk produk Taiwan,” terang Alux ,owner Munggah Motor yang agen Orumm, Blitz dan Flash. Bohlamnya doang dibandrol Rp 500-800 ribu.

Bagaimana dengan sinar kekuningan? Beberapa produsen melansir model khusus ini dengan beberapa nama. Misalnya Foerch dan Wuerth dengan Four Season. “Kalau Bosch dengan varian All Weather,” terang Donny Taulo, Produk Manajer PT. Robert Bosch. Namun sayangnya, produk si cahaya kuning ini agak jarang dipasaran. “Yang minat sedikit jadi kita enggak jual lagi,” tambah Vincent Lo, GM PT. Sumber Berkat yang agen Hella di Indonesia.


 Saat lampu dekat dan jauh

Nah balik lagi ke double coating, saat dites performanya tergolong baik saat malam. Sinarnya presisi dengan warna lampu yang sangat jelas berbeda antara kuning dan putih kebiruan. Harganya Rp 350 ribuan/set. Dibanding halogen biasa lebih mahal namun murah dikomparasi dengan Xenon HID. Untuk aplikasi tinggal plug n play saja.

Sumber 

About Unknown

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply