Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Kolam di Sepanjang Pagar Segarkan Taman
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Oleh Johny H. Kakiay


Ternyata kolam bisa menunjang keamanan rumah. Buat kolam di sepanjang bagian dalam pagar. Keberadaannya -- paling tidak -- mempersulit tamu tak diundang, masuk ke halaman rumah. 

Terasa menyenangkan menikmati taman tropis yang dikelilingi keindahan kolam ikan. Hijau tanaman begitu menyegarkan. Gemericik air yang mengalir terasa menyejukkan. Kolam parit ini pun membuat rumah lebih aman. Suasana taman tersebut dapat Anda temui di rumah Subaga Widiatmaka di Kemang Pratama, Bekasi. Taman dengan kolam memberi sentuhan natural pada rumah tinggalnya.

Selain keindahan rancangan taman, yang menarik di sana adalah penempatan kolam. Kolam dibuat di sepanjang bagian dalam pagar rumah. Penempatan kolam itu berkesan tersembunyi. Dari luar pagar, tak terlihat jika ada kolam ikan. 

Kesan alami terlihat dari pemakaian material batu alam pada dinding dan lantai kolam, juga pagar. Aneka tanaman tropis, antara lain lotus dan tifa, tampak pas menunjang keberadaan garis-garis tegas kolam. Untuk melengkapi kolam berbentuk “L” itu dibuat taman dan pedestrian selebar 80cm. Sebuah set meja berkursi empat sengaja ditempatkan di salah satu sudut, sebagai pusat kegiatan di taman.

Subaga pun bangga memiliki taman itu. Katanya, walaupun dibuat kolam sepanjang pagar, taman tetap lega dan aman. Anak-anak masih memiliki ruang gerak untuk bermain dan berlari. Bahkan, dengan rancangan kolam seperti itu, ternyata menunjang keamanan rumah. Kolam air di belakang pagar efektif untuk mencegah tamu tak diundang melompati pagar dan masuk ke halaman rumah.

Foto: iDEA/ Tri Rizeki Darusman
Lokasi: Rumah Sabaga Widiatmaka, Kemang Pratama, Bekasi

Sumber

About Unknown

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply