Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Museum Maestro Affandi
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Oleh Tri Agus Yogawasista

Affandi (Kiri), Kartika (Tengah) dan Maryati (Kanan) - Tri Agus Yogawasista

Lokasi

Jl. Laksda Adisucipto 167 Yogyakarta 55281 Indonesia
Phone : +62 274 562593
Fax : +62 274 562593
Email : affandimuseum@yahoo.com, museumaffandi@gmail.com
Koordinat GPS :  S7°46'58.6" E110°23'46.8"

Riwayat Hidup1

1907 Lahir di Cirebon, Jawa Barat. Ayahnya, R. Koesoema, Mantri Ukur adalah di perkebunan gula Ciledug. Affandi drop out dari SMA (AMS-B) di Jakarta.
1933 Menikah dengan Maryati 16-tahun, dari Bogor. Satu tahun kemudian putri mereka, Kartika, lahir.
1935 Sebelum mengambil serius melukis, Affandi bekerja sebagai guru. Dia juga bekerja di sebuah bioskop di Bandung sebagai penanggung jawab memeriksa tiket dan dicat iklan untuk film. Dia menyerah kegiatan ini ketika ia memutuskan untuk mengambil lukisan profesional.
1950 Affandi bergabung dengan Kelompok Lima Bandung (Grup Bandung Lima) bersama dengan Hendra Gunawan, Barli, Sudarso, dan Wahdi. Affandi adalah Ketua mereka. Itu bukan organisasi terstruktur tetapi lebih dari sebuah kelompok studi, yang bertujuan untuk membantu dan memberikan bantuan kepada sesama pelukis. [Kelompok Lima Bandung memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan seni rupa di Indonesia]
1943-1944 Dimiliki pameran pertamanya di Gedoeng Poetera, Jakarta selama pendudukan Jepang. Dia mengambil bagian dalam Bagian Kebudayaan Poetera (Poesat Tenaga Rakjat - The Centre Daya Masyarakat) di bawah bimbingan Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan Kyai Haji Mas Mansur. Dalam Poetera, Affandi menjabat sebagai Ketua panitia bekerja sambil S.Soedjojono adalah Ketua Eksekutif. Mereka melaporkan kepada Bung Karno.
1945-1948 Sebelum dan setelah Deklarasi Kemerdekaan diIndonesia, dan kemudian selama perjuangan bersenjata melawan pasukan Belanda kerja, ia aktif terlibat dalam melukis poster mendorong orang untuk mengambil senjata melawan Belanda. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan pelukis dan seniman lainnya yang termasuk dalam Bagian Kebudayaan Poetera seperti S.Soedjojono, Dullah, Trubus dan Chairil Anwar.Moved ke Yogyakarta dan mendirikan Masyarakat Seniman (Peoples Artists Association) bersama dengan Hendra Gunawan. Ini bertujuan untuk memberikan latihan kepada orang-orang muda yang tertarik pada lukisan.
1948 Pindah ke Jakarta dan menjadi salah satu pendiri Gabungan Pelukis Indonesia (Persatuan Pelukis Indonesia)
1949-1951 Menerima beasiswa dari pemerintah India untuk bersama Sekolah Seni Shantineketan Tagore University. Kepala Sekolah Sekolah Seni di bijaksana dia untuk melakukan perjalanan melalui India untuk pameran berada di Shantineketan, Alahabat, New Delhi, Bombay, dan Madras.
1951-1956 Melanjutkan tur pameran Negara Eropa (London: Brithis Museum, Den Haag, Belgia, London dan Italia). Ia diangkat oleh pemerintah Indonesia untuk mewakili Indonesia, Brazil (1952) Venice dan Sao Paolo (1956). Pamerannya troughout Eropa yang ditujukan untuk menarik perhatian dunia terhadap Republik muda Indonesia. Affandi melakukan pekerjaan yang sangat baik accomplising tugas ini. Pemerintah Indonesia menyambut baik keberhasilan Affandis dengan berterima kasih kepada dia dengan telegram pengirim adalah Bung Karno sendiri Presiden pertama Indonesia.
1957 Diberikan hibah dari pemerintah AS untuk mempelajari metode pendidikan seni dan tinggal di AS selama empat bulan. Ia mengadakan pameran di Galeri World House di Press Club New York.
1962 Diangkat sebagai profesor tamu di Departemen Seni Ohio State University.
Kembali ke Indonesia, menetap di kota Yogyakarta karena aktivitas budaya dan daripada berpikir untuk masa depan untuk membuat Museum.
1967 Komisi mural lukisan di East West Center Jefferson Hall di Hawaii USA.
1968 Menyelesaikan mural lukisan di Jefferson Timur-Barat Pusat Hall di Hawaii.
1969 Diberikan Seni dan Anugerah Medali Emas Merit Award oleh diIndonesia Departemen Kebudayaan dan Pendidikan.
Diterima Keanggotaan Hidup Kehormatan Akademi Jakarta.
Terpilih sebagai Ketua IAPA (International Association of Arts plastik) untuk Indonesia - sebuah organisasi internasional di bawah naungan UNESCO.
1970 Expo 1970 di Osaka pameran bersama dengan beberapa artis lain dari Perpustakaan Pameran Indonesia di Bangkok Thiland kerja sama dengan UNESCO.
1973 Diangkat oleh pemerintah Indonesia untuk mewakili Indonesia di Pameran Biennale di Sydney, Australia.
1974 Menerima gelar Doktor Kehormatan dari University of Singapore.
1977 Menerima Penghargaan Perdamaian Internasional dari Dag Hammerskjold Foundation dan gelar Grand Maestro. Diangkat sebagai anggota dari Akademi Hak Asasi Manusia dari Akademi Pusat Perdamaian, Pax Mundi, di Florence, Italia. Didampingi istrinya, Maryati, membuat ibadah haji ke Mekkah, atas undangan dari Raja.
1978 Menerima Bintang Jasa Utama dari Presiden Soeharto untuk kontribusi luar biasa kepada bangsa.
1979 Mengadakan pameran bersama dengan Kartika putrinya di Victoria, Australia.
Antara 1979-1983 diadakan pameran berbagai keluarga di Medan, Surabaya, Jakarta, dan Bandung.
1.984 Mewakili Indonesia dalam pameran tunggal di Houston, Texas, mengenai Seni Indonesia dan Festival Kerajinan.
1985 Memberikan pameran pertama bersama bersama-sama dengan S. Soedjojono dan Basuki Abdullah RA di Pasar Seni Jaya Ancol Gallery, Jakarta.
1986 Mengadakan pameran tunggal di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, dan pameran bersama di Pasar Seni Jaya Ancol Gallery bersama Kartika, Nashar, S. Sulebar, dan Nunung S.
Diangkat sebagai anggota Dewan Penyantun Isis (Steering Committee), Yogyakarta.
1987 Affandi berbalik 80 dan mengadakan pameran retrospektif dari karyanya di Gedung Pameran Seni Rupa, Jakarta.
1988-1989 Keluarga pameran di Surabaya dan Denpasar, Bali.
1990 Affandi meninggal pada tanggal 23 Mei 1990 di 4.30 pm dan dimakamkan di dalam museum di Yogyakarta.
Sebuah pameran anumerta diadakan di Institut Smithsonian, Washington DC, USA.
Untuk memperingati hari ke-100 kematian dan satu abad kematian Vincent van Gogh pameran bersama digelar di Museum Affandi, Yogyakarta, Taman Budaya Semarang dan Braga Art Gallery, Bandung.
1990-1991 Mengambil bagian dalam pameran Kias patungan di Amerika Serikat.
Berpartisipasi dalam Festival Indonesia di 1990-1991 USA di Washington DC. Tema pameran adalah Affandi di Amerika
1993 Sebuah pameran bersama dengan putrinya, Kartika, diadakan untuk memperingati hari kematian 1000 Affandi dengan kerjasama dari Yayasan Affandi, Departemen Kebudayaan dan Pendidikan dan Yayasan Kartini.
Pameran yang berlangsung di Exhibition Hall, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, pada 31 Juli-8 Agustus 1993. Temanya adalah "Introspeksi balik Wajah Affandi".
Sebuah pameran bersama dengan pelukis lainnya di Brisbane, Queensland, Australia di Asia-Pasifik Triennial pada September.
1995 Mengambil bagian pada Pameran Seni Kontemporer, Non-Alligned Negara, di Jakarta. Untuk pameran ini, Affandi matahari simbol digunakan sebagai logo resmi.
Mengambil bagian pada pameran selama Konferensi Internasional tentang Pariwisata Budaya (ICCT) di Yogyakarta.
1996 Berpartisipasi pada "Asian Modernisme" Pameran Seni yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation bersama-sama dengan yang lain seniman Asia dari Indonesia, Thailand dan Filipina. Pameran ini dimulai di Tokyo (1995) dan berlanjut sepanjang tiga negara.
Keluarga pameran di Regent Hotel, Jakarta.
1997 Pameran Bersama Kelahiran of Modern Art di Asia Tenggara: Seniman dan Gerakan di Jepang, yang diselenggarakan oleh Museum Seni Fukuoka.
1998-1999 Pameran Koleksi Selves Pencitraan Series di Singapore Art Museum.
1999 Diundang dan direpresentasikan sebagai pelukis pertama dalam pameran tunggal Affandi Artist modern di The Fukuoka Asian Art Museum, Fukuoka Jepang.
2000 Mengambil  bagian pada pameran Lukisan Asia Tenggara: Visi dan Pesona, di Singapore Art Museum.

Galeri 

Di museumum Affandi terdapat 3 (tiga) galeri yaitu

Galeri 1

Lukisan Affandi - Tri Agus Yogawasista

Luas galeri 314,6 m2 dibangun tahun 1962 dan dibuka tahun 1974, didalamnya terdapat koleksi lukisan, pribadi dan piagam penghargaan.

Mitsubishi Gallant 1976 dimodifikasi depan seperti ikan, digunakan Affandi kegiatan sehari-hari, mencari obyek untuk dilukis. - Tri Agus Yogawasista

Galeri 2

Gambar: affandi.org

Galeri 2, seluas 315,5 m2 dibuka tahun 1988, berisi berbagai lukisan seperti  Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, Mochtar Apin, dan lain sebagainya.

Galeri 3

Lukisan - Tri Agus Yogawasista

Galeri 3 dibangun oleh Yayasan Affandi tahun 1999, dibuka resmi oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X  May 2000. 

Lukisan - Tri Agus Yogawasista

Selain galeri, terdapat juga Studio Gajah Wong 1 dan 2

Studio Gajah Wong 1

Lukisan Didit (cucu Affandi) - Tri Agus Yogawasista

Di studio ini, dijumpai banyak hasil lukisan Didit, cucu Affandi dari Kartika Affandi dengan Sapto Hudoyo, dengan goresan yang mirip dengan kakeknya, agak mudah dipahami, semi naturalis. Disini dijual lukisan Didit, paling murah seharga Rp. 25 juta (ukuran kecil), tertarik membeli silahkan.

Studi Gajah Wong 2


Merupakan tempat belajar anak-anak melukis dengan pembimbing dari ISI (Institut Seni Rupa Indonesia).

Rumah Affandi

Gambar: Affandi.org

Di tengah-tengah museum berdiri rumah Affandi berbentuk Rumah Panggung, dengan atap berbentuk daun Pisang,  dengan tiang utama terbuat dari beton dan sebagian dari kayu berukir. Rumah terbuat dari kayu dengan atap daun kelapa. 

Sumber:

About Unknown

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply