Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Produk dengan Label Peringatan Aneh dan Menyesatkan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Di Amerika ada sebuah kelompok yang memantau label-label peringatan yang kadang-kadang menyesatkan dan tidak masuk akal dan memberikan hadiah bagi label yang paling aneh. 

Label peringatan pada serbet kertas yang bergambar peta perairan di sekitar wilayah Hilton Head Island di South Carolina bertuliskan "Peringatan: Tidak untuk Digunakan sebagai Navigasi" (foto: dok).

Label peringatan pada produk bisa beragam bunyinya, namun kadang-kadang menyesatkan dan aneh. Itulah sebabnya, setiap tahun kelompok Center For America yang kritis akan perkara sepele memilih apa yang disebut “label peringatan aneh” tahun ini.

Contohnya, lembaga itu pernah menemukan saran tegas pada kemasan racun tikus yang berbunyi “Peringatan: Telah didapati menyebabkan kanker pada tikus laboratorium”.
 
Pemenang label aneh tahun ini diumumkan. Pemenang label aneh ini termasuk peringatan pada alat pencukur listrik yang berbunyi “Jangan pernah digunakan sembari tidur”.
 
Ada lagi aksesoris meja kantor yang menyerupai setir mobil berbunyi “Jangan pernah gunakan produk ini sembari mengemudi”. Tetapi, hadiah utama sebesar 1.000 dolar jatuh pada orang yang menemukan peringatan pada bola dunia hiasan yang berbunyi “Bola dunia ini tidak boleh dipakai untuk navigasi”.
 
Label-label peringatan bisa berguna jika memperingatkan kita akan bahaya yang tidak kentara.
 
Tetapi jika kita membaca label-label seperti ini pada mainan, peralatan rumah tangga, dan alat teknologi yang dijual di Amerika, kita akan menarik kesimpulan bahwa pembuat produk itu menganggap kita tidak cerdas.
 
Tampaknya perusahaan-perusahaan itu mengeluarkan peringatan-peringatan ini karena khawatir orang akan melakukan tindakan bodoh dengan produk mereka seperti membahayakan diri mereka sendiri dan menyalahkan perusahaan itu.
 
Pesan yang mengatakan hal-hal seperti “Jangan bawa alat pemanggang ini ke bak kamar mandi Anda” atau “Jangan operasikan pesawat ini kecuali anda sudah belajar terbang”.
 
Selama bertahun-tahun orang Amerika melihat label peringatan, seperti yang terdapat pada skuter anak-anak, “produk ini bergerak sewaktu digunakan”. Sepertinya kita tidak mengetahui hal itu.
 
Ada lagi, alat penghancur makanan yang menghaluskan, memotong dan mengiris. Labelnya bertuliskan  “Jangan pernah mengangkat makanan dari mata pisau sewaktu produk ini sedang bekerja”.
 
Ada label pada alat penggulung rambut listrik yang berbunyi “Hanya untuk penggunaan eksternal,” dan label pada kotak palu berbunyi  “bisa berbahaya jika ditelan.”
 
Jadi jika Anda berkesempatan datang ke Amerika, anggap saja Anda sudah diperingatkan dengan peringatan “Agar kunjungan Anda aman, jangan sentuh apapun”.

Sumber 

About Unknown

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply