Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Aplikasi iOS dan Android Makin "Gemuk"
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

 3.bp.blogspot.com

KOMPAS.com - Ukuran aplikasi di perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet ternyata menjadi semakin besar dalam beberapa bulan terakhir. Demikian diungkapkan hasil sebuah riset oleh lembaga ABI Research, seperti dikutip oleh Cnet.

Menurut survey ABI Research yang dibuat sebagai bagian dari laporan riset Pasar Aplikasi Mobile lembaga itu, aplikasi (Apple) iOS saat ini memiliki ukuran file rata-rata yang lebih besar 16 persen dibandingkan pada bulan Maret lalu.

Beberapa kategori aplikasi mencatat angka pertumbuhan ukuran file yang lebih besar dari 16 persen. Salah satunya yang terbesar adalah aplikasi dalam kategori game yang mencatat ukuran rata-rata 60 MB, atau lebih besar 42 persen dibandingkan ukuran rata-rata game pada bulan Maret.

Soal penyebab makin "gemuknya" aplikasi-aplikasi mobile, ABI mengemukakan dua kemungkinan alasan: Pertama, Apple meningkatkan batas download over-the-air dari 20 MB menjadi 50 MB pada bulan Maret lalu.

Alasan kedua adalah adanya New iPad yang mengusung Retina Display sehingga mendorong dibuatnya aplikasi-aplikasi dengan tampilan visual lebih indah -yang juga berukuran lebih besar.

Soal aplikasi gemuk, iOS tidak sendiri. ABI mencatat bahwa aplikasi-aplikasi pada sistem operasi Android besutan Google juga mengalami peningkatan ukuran file.

Dalam periode yang sama, rata-rata aplikasi Android menunjukkan peningkatan ukuran file sebesar 10 persen. Aplikasi-aplikasi dalam kategori game di Google Play mencatat peningkatan ukuran hampir empat kali lipat. Hal yang terakhir itu, menurut ABI, terkait dengan peningkatan batas ukuran file aplikasi oleh Google.

Di sisi lain, kenaikan ukuran file aplikasi itu tidak diimbangi oleh, peningkatan kapasitas storage internal di perangkat iOS. Baik iPhone maupun iPad memiliki kapasitas yang dipatok di angka 16, 32, dan 64 GB.

Pemilik perangkat Android sedikit lebih beruntung karena kebanyakan smartphone dan tablet dengan OS Google ini mendukung ekspansi storage melalui kartu MicroSD.

Sumber

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply