Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Arkeolog Mengobservasi Situs Terung
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

KOMPAS/HARRY SUSILO 
Petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto, Jawa Timur, meneliti struktur bangunan yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit di Desa Terung Wetan, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (15/10/2012). Terdapat beberapa peninggalan di Terung yang diduga berasal dari abad ke-14, seperti struktur bangunan menyerupai altar, potongan gerabah dan keramik, serta tumpukan batu bata kuno yang menyerupai pagar benteng.

SURABAYA, KOMPAS.com - Situs Terung temuan pelukis Jansen Jasien di Desa Terung Etan, Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, makin menarik perhatian kalangan arkeolog. Ketua Umum Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI), Junus Satrio Atmodjo, pada Selasa (30/10/2012) melakukan observasi lapangan ke lokasi situs bersama Ketua Kelompok Pekerja Seni Pecinta Sejarah (KPSPS) Jansen Jasien berkeliling ke sejumlah lokasi di Terung Etan yang diduga bagian penting dari peninggalan Kerajaan Majapahit.

Observasi lapangan diawali dari lokasi penggalian situs, lalu berlanjut ke Makam Desa, tempat ditemukan banyak artefak. Pesarean Putri Terung juga dikunjungi. Ahli arkeologi itu juga melakukan pengamatan struktur yang diduga pagar kuno di bawah rerimbunan bambu yang mengelilingi desa.

"Selama ini kalau bicara situs Majapahit, orang hanya terpaku pada Trowulan di Mojokerto, ternyata ada temuan situs Terung yang luar biasa," kata Junus, yang juga sebagai staf ahli Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif.

Dia mengakatan, dari legenda lisan Putri Terung misalnya, disebutkan dahulu ada bengawan (sungai) besar. Bisa jadi ini berkaitan dengan struktur batu bata kuno yang ditemukan Jansen. "Bisa jadi, struktur itu adalah bagian dari irigasi zaman Majapahit," kata Junus.

Dugaan lain bahwa dimungkinkan batu bata temuan Jansen adalah bagian dari pagar mengelilingi desa. "Dari artefak yang ada, kuat dugaan bahwa Situs Terung dahulu pemukiman padat di bagian dari susuan Kerajaan Majapahit ini terbukti dari temuan artefak keramik kuno. Meski demikian, semua masih butuh penelitian lebih lanjut" ujarnya.

Jansen mengatakan, apresiasi nasioal atas temuan bagian dari Situs Majapahit ini sangat menggembirakan. "Saya sangat gembira dengan respons kalangan ahli arkeologi. Semoga ini membuka jalan untuk memahami secara lebih mendalam temuan situs ini," katanya.

Sumber

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply