Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Ditemukan Kampung Tua di Sekitar Danau Sentani
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

ist

INILAH.COM, Jayapura - Staf peneliti dari Balai Arkeologi Jayapura, Papua, Hari Suroto mengatakan dari hasil survei permukaan tanah yang dilakukan pihaknya di Kampung Abar, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura berhasil menemukan sebuah kampung tua.

"Hasil survei yang dilakukan di kampung Abar, Sentani, Kabupaten Jayapura ditemukannya kampung tua dengan koordinat S: 02038`7.12". E: 140031`35.9". Yang ditandai dengan persebaran temuan arkeologi berupa fragmen gerabah dan sisa makanan yaitu cangkang moluska laut kelas bivalvia, famili Veneridae dan fragmen gerabah," kata Hari di Jayapura, Papua, Rabu (7/11/2012).

Menurut Hari, jenis situs Kampung Tua Abar merupakan pemukiman kuno yang berbentuk memanjang, sepanjang tepian Danau Sentani, dan lokasinya sudah terganggu aktivitas berkebun.

"Dilihat dari materi budaya yang ditinggalkan, situs tersebut menunjukkan ciri budaya neolitik," katanya.

Selain itu kata Hari, temuan gerabah dari Kampung Tua Abar dibuat dengan teknik tatap pelandas, hal ini terlihat cekungan yang tidak rata pada permukaan dalam. Yang mana penampang lintang berwarna hitam menunjukkan pembakaran tidak sempurna dan dibakar di tempat terbuka.

"Terdapat dua jenis gerabah yang ditemukan di Kampung Tua Abar yaitu tempayan dan periuk. Ukuran tempayan lebih besar daripada periuk, dan dinding gerabah jenis tempayan lebih tebal daripada periuk," katanya.

"Untuk dinding yang tebal membuat tempayan kuat guna menyimpan tepung sagu dalam volume banyak," lanjutnya.

Situs arkeologi Kampung Tua Abar menggambarkan adaptasi manusia terhadap lingkungan.

Pemilihan lokasi sebagai hunian berkaitan dengan keberadaan Danau Sentani yang menghasilkan sumber makanan diantaranya moluska dan ikan, selain itu Danau Sentani juga merupakan sumber air bersih.

Selain temuan arkeologi, ternyata di Kampung Tua Abar terdapat kandungan tanah liat yang dapat diolah untuk membuat gerabah, dan oleh masyarakat setempat menyatakan bahwa sumber tanah liat tersebut sebagai bahan pokok untuk pembuatan gerabah yang hingga kini masih berlangsung pada masyarakat di Kampung Abar.

"Kampung Abar juga menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Jayapura. Dan penelitian ataupun survei ini dilakukan pada pertengahan tahun ini," tambah Hari Suroto. [ant]

Sumber

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply