Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Jultin Kartasasmita Luncurkan Buku Batik Jawa Barat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Ilustrasi - Kerajinan Batik.(Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

Jakarta (ANTARA News) - Jultin H Kartasasmita yang juga dikenal sebagai penggiat batik melalui aktivitasnya sebagai Ketua Yayasan Batik Indonesia (YBI) meluncurkan buku berjudul "Dunia Batik Seorang Jultin" di Jakarta.

Buku yang diterbitkan oleh Red and White Publishing itu mengulas ragam batik Jawa Barat yang merujuk pada batik-batik yang telah dikumpulkan oleh Jultin dalam kurun waktu hampir 20 tahun.

"Buku ini dibuat karena saya lihat tidak banyak tersedia buku atau referensi mengenai batik di Provinsi Jawa Barat secara menyeluruh," kata Jultin usai acara peluncuran buku tersebut di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu.

Oleh karena itu, bekerja sama dengan beberapa pihak, Jultin mengaku memberanikan diri untuk membuat buku yang khusus mengulas batik Jawa Barat.

Jultin mengungkapkan di dalam buku tersebut juga dipajang kumpulan kain-kain yang pernah dia kenakan ketika tampil dengan kebaya Sunda serta kain yang merupakan kreasi baru.

"Disamping itu, ada juga kain yang ragam hiasnya mengingatkan pada batik ibu ketika saya dibesarkan dan kain-kain yang menjadi favorit saya," ungkap Jultin.

Menurut Jultin, batik merupakan karya anak negeri yang patut dibanggakan karena memiliki keunikan di setiap aspeknya, sehingga keberadaannya patut untuk dilestarikan.

"Saya ingin mendorong kepedulian kepedulian terhadap keberadaan batik sebagai aset budaya yang berakar kepada keragaman budaya setempat untuk dilestarikan dan dikembangkan," tutur Jultin.

Melalui buku tersebut, istri politikus Ginandjar Kartasasmita itu berharap dapat memberikan pemaparan positif terhadap batik Jawa Barat dan menggugah lebih banyak orang untuk mendalami budaya batik Jawa Barat.

Jultin optimistis buku tersebut akan mendorong para penulis buku lainnya untuk mengungkapkan kekayaan budaya batik di tanah air dengan kekhasan dari setiap daerahnya. (R027)

Sumber

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply