Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Mungkinkah Pengguna Tablet PC Bakal Gilas Smartphone
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Peluncuran produk baru Advan Tablet (foto: Ahmad Luthfi/Okezone)
JAKARTA – Penggagas Indonesian Cloud Forum (ICF) Teguh Prasetya berpendapat, meningkatnya jumlah produk tablet di Indonesia, diperkirakan bakal melampaui perangkat smartphone.

Bahkan, kata Teguh, keunggulan tablet mampu mengalahkan pesona smartphone, baik di tahun ini hingga tahun-tahun ke depan.

"Tablet bakal menjadi perangkat dominan tahun ini dan tahun depan. Terutama (keunggulan) ada variasi layar, ada keyboard. Ini akan mulai muncul dan yang paling penting, apapun teknologi pasti akan memanjakan panca indera," kata Teguh di acara press conference Advan Vandroid T1C, Selasa (30/10/2012).

Ukuran perangkat teknologi bisa disebut high-end adalah, perangkat itu mampu memanjakan panca indera, misalnya indera penglihatan (mata), maka teknologi menyuguhkan layar terbaik, kualitas warna atau tampilan yang tajam dan sebagainya.

Selain itu, indera pendengaran, yaitu kualitas suara terbaik dan indera peraba, dengan sentuhan jari (layar kapasitif) dan sebagainya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa tahun ini di Indonesia, terdapat 1 juta pengguna tablet. Sementara di Amerika Serikat, 28 juta rumah tangga telah memiliki perangkat tablet.

Penggunaan perangkat tablet akan tumbuh 30 persen secara global. Ia juga menuturkan pertumbuhan tablet didukung dengan mobile broadband, 3G dan WiFi, yang diprediksi memacu pertumbuhan sebesar 80 persen hingga 2016.

Oleh karena imbas dari melonjaknya penggunaan tablet, maka bisa berkontribusi terhadap meningkatnya revenue operator telekomunikasi. Peningkatan ini tumbuh 20 - 36 persen di 2015. "Revenue dari pengguna data akan tinggi. Sedangkan voice, cenderung turun," tambahnya.

"Ini membuka peluang, bagi operator dan kaum pabrikan untuk menangkap potensi pada pengguna data," tuturnya.

Mayoritas Laki-Laki 

Lebih jauh ia menjelaskan, berdasarkan sumber dari Ericsson 2012, yang masih mendominasi adalah jaringan 3G/HSPA dan bisa meningkat 29 persen di 2016. Pertumbuhan tablet & mobile PC, diprediksi mencapai total 700 juta perangkat di 2017.

Selain itu, ia mengungkapkan mayoritas pengguna tablet ialah laki-laki berusia 25 - 34 tahun. Jenis koneksi internet untuk perangkat tablet di 2017, yakni WiFi 55 persen, sementara 3G/4G sebesar 35 persen.

"Kecepatan akses (diramalkan) bakal mencapai 100Mbps (terminal mobile) sekira di tahun depan. Penggunaan tablet paling banyak digunakan untuk kerja dan untuk entertainment," jelasnya.

Ketimbang notebook, umumnya tablet ini akan lebih sering dipakai di kantor untuk mendukung pekerjaan. Sekira 80 persen organisasi di dunia mengadopsi tablet sebagai perangkat yang mendukung pekerjaan. (amr)

Sumber

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply