Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Pamer Tren Teknologi Terkini dan Masa Depan (Video)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Sumber : Youtube/Alliance of Automobile Manufacturers | Author : - 
Teknologi telematika semakin menusuk "hati" industri mobil

Los Angeles, KompasOtomotif – Los Angeles Auto Show (LAAS) 2018 yang mulai dibuka 28 November 2012 untuk wartawan (waktu LA lebih lambat 15 jam dari WIB), merupakan pameran mobil yang banyak ditunggu oleh berbagai kalangan.

Pameran di negara bagian Kalifornia ini memang masih kalah pamor dibandingkan dengan Detroit (North American International Auto Show/NAIAS),pusat industri otomotif Amerika Serikat. Namun untuk hal tertentu, misalnya mobil ramah lingkungan, desain futuristik dan teknologi digital, LAAS lebih menarik dan unggul.

Penyebabnya, seluruh produsen mobil utama dunia punya studio desain di Kalifornia, di sekitar LA. Karena itu pula, ada event khusus pada pameran ini, yaitu “Design Challenge”. Jadi tidak heran, berbagai produsen mobil memperlihatkan konsep desain dalam bentuk sketsa pada pameran ini. Khususnya, visi desainer mereka tentang mobil masa depan.

Digital

Sumber : Youtube/Alliance of Automobile Manufacturers | Author : - 
Teknologi pencegah tabrakan

Kini, yang tak kalah menarik adalah tren teknologi atau kehidupan digital, termasuk sistem komunikasi internet yang semakin dalam masuk ke “hati” industri otomotif. Kebetulan Silicon Valley pusat industri digital atau elektronik Amerika Serikat (dunia), juga berada di negara bagian tersebut. Inilah yang membuat warna LA Auto Show semakin berbeda. Apalagi, produsen komponen komputer gencar memperkenalkan produk mereka yang semakin atraktif.

Panitia LAAS 2012 mengatakan, pada Press Day 28 dan 29 November, ditemukan mobil canggih dengan teknologi digital masa kini. Perusahaan elektronik atau chipset terkenal akan memamerkan berbagai produk barunya untuk ditanamkan di dalam mobil.

Faurecia

Tak hanya itu, Faurecia khusus otomotif akan memperkenal Urban Rhythm Seat akan menghadirkan atau memperkenalkan jok tipis yang dibuat dari termoplastik responsif. Kehebatannya, permukaan bahan dapat mengubah bentuknya sesuai dengan postur penumpang atau tubuh yang mendudukinya. Komponen jok, yaitu sandaran, bantal dan penahan kepala, selain memberikan rasa nyaman dan perlindungan bila terjadi tabrakan, penampilkannya juga menarik.

Sumber : Youtube/cnet | Author : - 
Jok yang bisa menyesuaikan bentuk dengan postur yang mendudukinya

Konsep baru yang akan diperkenalkan “Trendset Cities”, trend interior yang diilhami oleh Paris, Berlin, LA, Shanghai dan Seoul diterjemahkan berupa material dengan berbagai warna, bentuk dan corak yang dirangkai dengan jutaan kombinasi. Tak kalah menarik, pengunakan serat kayu.

Knalpot

Juga ada knalpot atau saluran buang mesin, panasnya dimanfaatkan untuk menghangat kabin mobil hibrida yang dikembangkan Ford bersama dengan EHRM. Bahkan panas diubah menjadi energi listrik, membantu mengurangi pemakaian bahan bakar.

EHRM juga memanfaatkan teknologi Faurecia, menggunakan material tipis, namun kualitasnya tetap hebat karena juga makin kuat.

Sumber : LAAS | Author : - 
Cadilllac memamerkan teknologi informasi mobil yang dipamerkan di LAAS 2012

Juga struktur komposit karbon yang digunakan Aston Martin untuk dek belakangnya dan bisa menurunkan bobot sampai 7,5 kg dibanding menggunakan serat gelas hanya 4 kg. Serat karbon Fauresia 50 persen lebih ringan dari baja konvensional dan 15 persen lebih enteng dari aluminium.

“Pada LA Auto 2012, Faurecia memperlihatkan inovasinya dengan memperlihatkan berbagai bentuk jok, dekorasi interior, manajemen emisi dan material eksterior dengan bisa dirancang sesuai dengan selera pribadi,” jelas Presiden Feurecia Amerika Utara, Mike Heneka.

Smartphone dan tablet

Perkembangan teknologi hape pintar (smartphone) dan tablet, memaksa industri otomotif harus cepat-cepat mengadopsinya bila tidak ingin ditinggalkan oleh konsumen. Karena itulah, makin banyak produsen elektronik yang dulunya cuma dikenal di dunia komputer atau elektronik, kini merambah ke otomotif.

Sumber : nVidia | Author : - 
Panel instrumen digital mobil mendatang


Hasilnya, bukan hanya kokpit atau dasbor, panel instrumen yang mulai berubah penampilannya dan pengemudi dan penumpang juga bisa mengakses informasi kapan saja tanpa harus melepas tangannya dari setir.

Alliance of Automobile Manufacturers, konsorsium elektronik untuk mobil, memperkenalkan teknologi yang membantu pengemudi tetap fokus ke jalan saat menggemudi sembari berkomunikasi dengan dunia luar. Caranya, menggunakan “hand-free voice command” atau perintah suara.

Intel

Produsen prosesor komputer nomor satu ini akan memperkenalkan produk yang membantu pengemudi mobil menghindari lalu lintas yang macet. Bayangkan, anda datang terlambat untuk rapat, sementara lalu lintas macet berat! Sistem secara otomatis merekomendasikan mobil mencari rute baru.

Sumber : nVidia | Author : - 
Berbagai sistem pada mobil yang berasal dari industri elektronik, antara lain Infotainment dan nagasi, panel instrumen, asisten pengemudi dan hiburan

Teknologi Intel juga memungkinkan interaksi antara smartphone dengan kendaraan semakin mudah. Dengan menggunakan konektivitas di mobil, bersama dengan kamera dan sensor-sensor, mobil memberi tahu melalui hape pintar berbagai peringatan, khususnya saat parkir.

Juga mengunakan barcode untuksmartphone dengan sistem informasi di mobil dengan aman. Juga memanfaatkan smartphone menjadi kunci virtual “remote keyless entry” untuk mobil (kini sudah digunakan untuk perangkat elektronik di rumah, televisi dan sebagainya).

Livio akan memperkenalkan hiburan global yang memungkinkan pengemudi mengakses aplikasi TuneIn atau Sprint’s. Berarti, sistem informasi mobil sama dengan smarthpone atau tablet sekarang ini.

Qualcomm

Sumber : Youtube/Alliance of Automobile Manufacturers | Author : - 
Sistem pencegah kecelakaan pada mobil

Qualcomm Technologies Inc. memperkenalkan modem yang bisa memberi peringatan kondisi darurat di jalan raya. Termasuk modem nirkabel 3G dan 4G/LTE. Chipset modem buatan perusahaan tersebut langsung ditanamkan ke komputer mobil yang memungkinkan nantinya mengirimkan pesan dengan kecepatan tinggi. Penampilan media informasi pada mobil semakin menarik.

Juga akan didemonstrasikan kemampuan prosesor melakukan streaming film bioskop yang ditayang pada layar monitor untuk anak-anak yang duduk di jok belakang.

Prosesor Qualcomm Snapdragon dan Qualcomm Gobi (moden nirkabel), juga memungkinkan pengguna mengontrol mobilnya dari jarak jauh, misalnya, mengidupkan AC sebelum masuk ke dalam mobil, membantu efisiensi penggunaan energi (mobil listrik) dan sistemnavigasi berdasarkan lokasi.

Dijelaskan, dari sekarang produsen smartphone harus membuat produk yang bisa terintegrasi dengan sistem informasi pada mobil. Saat ini, anggota CCC telah menciptakan teknologi MirrorLink, standar untuk mengontrol smartphone melalui tombol di setir dan dan layar monitor di mobil.

Sumber : Youtube/Alliance of Automobile Manufacturers | Author : - 
Teknologi pencegah pindah lajur




Sumber 1 dan Sumber 2

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply