Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Teknologi Organik Pangan Lokal Dikembangkan di Gunung Kidul
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Pangan lokal ditanam secara organik tidak pernah disemprot atau dipupuk kimia.

Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama warga setempat berupaya mengembangkan teknologi organik pangan lokal di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta, yang terkenal tandus.

"Kebanyakan pangan lokal ditanam secara organik (by nature atau by neclected), tidak pernah disemprot atau dipupuk kimia," kata Pakar pangan dan gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ahmad Sulaeman, di Yogyakarta, kemarin.

Menurut Ahmad, pangan lokal memiliki banyak keuntungan selain beberapa keterbatasan. "Pangan lokal juga dapat diandalkan untuk membantu dalam pemenuhan kebutuhan gizi keluarga terutama untuk 1000 hari pertama dalam kehidupan," tutur dia.

Pangan lokal, kata Ahmad, kaya akan aneka zat gizi dan metabolit sekunder seperti antosianin, karotenoid, glucosinolat. Selain itu, bebas dari antibiotik dan hormon. Pangan lokal juga kaya rasa. "Pangan lokal perlu diperbaiki kekurangannya dan diangkat keunggulannya serta dikampanyekan," tandas dia.

Terkait berkembangnya pangan lokal di Gunung Kidul,  menyebutkan, ada 11 alasan memilih pangan lokal. Pertama, untuk memastikan membeli produk yang aman dan dapat ditelusur produksinya. Kedua, untuk mendapatkan pangan yang alami, organik, non GMO, dan menyehatkan.

Ketiga, untuk memperoleh nilai-nilai baik dan khasiat. Keempat, untuk makan "the view of Gunung Kidul". Kelima, untuk menyokong tradisi Gunung Kidul. Keenam, untuk memotong jarak makanan (food miles). Ketujuh, mendukung ekonomi pedesaan (rural economy).

Kedelapan, untuk mendukung bisnis keluarga/UKM. Sembilan, mendukung ketahanan, kemandirian dan kedaulatan pangan serta mampu memenuhi kecukupan gizi keluarga. Ke-10, rasanya benar-benar kaya dan enak (eco) dan ke-11 belanja lokal belanja Gunung Kidul.

Penulis: Antara/ Wisnu Cipto

Sumber

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply