Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Tips melatih “Open Mind”
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

ilustrasi - psychicdonut.com

1. Stimulasi Telinga dengan Musik Berbeda

Stimulasi telinga anda dengan mendengarkan jenis musik, yang anda jarang atau belum pernah mendengarnya. Belajarlah untuk mengapresiasikan. Dangdut, Keroncong, Gambang Kromong, Campursari, Clasical, New Age, Zouk, Rap, Mariachi, Country, Afro-Blues, dsb. Anda memang tak perlu menyukai atau mencanduinya. Anda hanya mencoba lebih terbuka dan belajar mengapresiasikannya. Yang namanya musik, selalu menarik.

2. Stimulasi Mata dengan Pandangan Berbeda

Nikmati memandang hal-hal ang berbeda. Cobalah menikmati berbagai bentuk seni visual. Sering-seringlah memandang segala sesuatu, yang bukan melulu kertas, layar monitor, wjah kolega, bawahan, atau atasan, atau bahkan sekedar walpaper di tembok kantor saja. Tontonlah film horor, jika selama ini anda menghindarinya. Apapun yang menjadi objek pandangan anda, sepanjang itu tidak buruk atau menjadikan dosa, sekalipun anda tidak menyukainya, tetaplah befungsi dengan sebaik-baiknya, yaitu menstimulasi dan memprovokasi pikiran anda.

3. Stimulasi Lidah dengan Makanan yang Berbeda

Yang penting halal dan enak. Cobalah kebab afrika, nikmati sushi. Tinggal anda pilih saja.

4. Pelajari Perbedaan tentang Orang dan Gaya Hidupnya

Ingat, pelajari saja. Anda tidak perlu menjadi bagian darinya. Apalagi, jika itu memang tidak sesuai dengan sistem tata nilai anda. Dengan belajar, wawasan anda akan menjadi kaya. Pikiran anda akan terbuka.

5. Pelajari Sesuatu yang Baru

Basket, golf, terjun payung atau bungee jumping jika perlu. Web design, internet, taichi, aikido. Komunikasi public speaking. Dan seterusnya.

6. Miliki Kemampuan Baru

Berlatih juggling dengan tiga bola? Tidak mungkin? Tetaplah berlatih dengan pikiran terbuka. Anda bisa. Berlatihlah sulap kartu. Pelajari ping-pong. Tulislah puisi, cerpen atau novel. Dsb

7. Saat berada di Antrian

Lakukan: Menghitung, Mengingat, Memperhatikan, Membandingkan, Dsb
ie: “Buset dah, ini antrial panjang bamget. Coba ada berapa orang sih...”
“Pintu exit di sana, tangga darurat di situ, toilet ke arah sini...”
“Ini yang namanya barcode ya? Gimana sich cara bikinnya...Kok cuman garis-garis tapi bisa discan trus keluar informasi sama harganya...”
“Kalo di bioskop yang sono sich, penontonnya tua-tua semua...”

8. Ikuti Kelas dan Event yang Tidak Umum

Ikuti kursus “Shalat Khusuk”, Ambil bagian di seminar “Sukses Bermodal Dengkul”, Jadilah peserta “Lomba Lari Mundur”, Ikuti workshop EDAN”, Aktiflah di kelompok penggemar Jangkrik”, Jangan tolak quesioner “Apakah Anda Sudah Gila?”, dsb

9. Ubah tempat Favorit

“Biasa ke Anyer? Cobalah Pulau Puteri”, “Suka laut? Pergilah ke gunung”, “Suka gunung? Ke Laut aja”.
Ubah juga rute yang menjadi kebiasaan Anda. Cobalah perjalanan baru. Kemudikanlah sendiri kendaraan anda, dari jakarta ke medan umpamanya.

10. Kembangkan Kreatifitas

Kerjakan teka-teki silang dengan berbagai variasinya.
Mainkan jangan hanya solitaire, tapi juga spider solitaire.
Belajarlah menulis terbalik yang hanya bisa dibaca di depan kaca. Leonardo Davinci, melakukannya untuk semua catatannya.
Bongkar PC anda dan rakit kembali. Lakukan overclock.
Montiri kendaraan anda sendiri.
Pakai pakaian yang anda geli memakainya.
HADAPI KETAKUTAN ANDA!
Takut bicara, bicaralah.
Takut ketinggian? Naiklah pesawat.
Apapun yang terjadi, ketakutan hanyalah perasaan. Dalam banyak kasus, ia tidak berakibat apa-apa kecuali hanya rasa takut saja.

11. Latihan W.A.I.T

Katakan: What Am I Thingking? Setiap kali anda bisa melakukannya. Seperti sekarang misalnya?

12. Pelajari Perspektif Orang Lain

Apa yang penting baginya?
Apa yang disadari dan tidak disadarinya?
Apa pikirannya sama terbukanya dengan anda?
Apa sih niat positif di belakang kelakuan orang ini?
Jika anda selalu melihat gedung A dari sisi kiri jalan, cobalah melihatnya dari sisi kanan jalan, dan rasakan perbedaan persepsi anda.
Jika anda seering menonton TV bersama seseorang, matikan TV anda dan mulailah mengobrol dengannya. Perpanjang waktu mengobrol anda dan perpendek waktu menonton anda. Mulailah rasakan bagaimana itu lebih nikmat daripada menonton TV.

Tips Tambahan

Efisienlah dengan memilih aktivitas murah bagi anda. Efisienlah dengan waktu latihan anda. Jadilah berani. Jangan pernah malu jika itu memang tidak memalukan.

Jangan terdiskripminasi oleh trend atau mode. Pakaian anda sudah ketinggalan jaman? Tidak, itu modis dan trandy untuk anda. Sepatu terlalu klasik atau konservatif? Tidak, itu modis dan trendy untuk anda. Mobil anda butut? Tidak, itu adalah sedan keluaran 84 favorit anda. Modis, dan trendy.

Warning

Be safe. Jagalah keselamatan diri dan hati anda. Jagalah keselamatan hubungan anda dengan siapa saja. Jangan memaksa untuk sesuatu yang terlalu berat untuk anda. Ingatlah bahwa tujuanmemiliki pikiran terbuka, adalah mengembangkan pikiran yang sempit. Jangan sampai pikiran anda malah tambah sempit.

Sumber

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply