Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Cara Mengatasi Overheat di Jalan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Oleh Aditya Maulana - detikOto


Jakarta - Mungkin sebagian Otolovers pernah mengalami suhu mesin mobilnya terlalu tinggi (overheat) saat melakukan perjalanan jauh. Overheat merupakan musuh utama bagi mobil saat melakukan perjalanan. Alhasil perjalanan jadi terganggu. Pastinya Otolovers semua tidak ingin mengalami hal tersebut.

Tapi jika dihadapkan dengan kondisi seperti itu tidak perlu khawatir. Berikut ada beberapa tips dan trik untuk mengatasi hal tersebut.

Gatot Hira Wilasa sebagai Technical Head Bengkel Beauty Power di Jalan Hang Jebat IX No.12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mencoba memberikan solusi bagi Otolovers yang terpaksa mengalami overheat saat melakukan perjalanan jauh.

1. Jika sudah terjadi overheat di jalan maka carilah tempat yang sekiranya aman lalu diamkan mobil 10 sampai 15 menit.

Usahakan jangan langsung membuka tutup radiator pada mesin karena dapat menimbulkan sembuaran air dan uap panas. Gunakan lap basah untuk membukanya.

"Perhatikan sisi tampungan cadangan air radiator. Kalau posisinya masih ada air atau masih utuh, maka bukan di sisi ini yang mengalami masalah," kata pria yang akrab disapa GT kepada detikOto di markasnya di bengkel Beauty Power Jalan Hang Jebat IX No.12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2. Pastikan juga sistem pendingin yang lain seperti motor cooling fan dalam keadaan normal atau tidak. Biasanya kalau overheat itu kalau bukan karena cooling fan yang mati, air di radiator bocor.

Nah, triknya jika Otolovers sudah mengalami hal seperti itu, ada baiknya kalau ada di antara 2 itu yang rusak misalnya air bocor bisa diisi sementara atau dipancing. Maka mobil bisa kembali berjalan namun harus pelan-pelan.

Tapi kalau motor cooling fan yang bermasalah atau tidak berputar tidak perlu khawatir, karena ketika air radiator sudah ditambahkan mobil bisa pelan-pelan dibawa jalan sambil melihat indikator temperatur. Jika temperatur naik berhentikan mobil beberapa saat sampai mesin kembali dingin.

Tapi, jika sudah terasa lebih baik segera cari bengkel terdekat. Jalan pelan-pelan dengan kecepatan 30 atau 40 km/jam sambil memperhatikan temperatur.

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply