Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Libur Akhir Tahun Bebas Boros
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

SHUTTERSTOCK 
Liburan itu menyenangkan harusnya saat kembali Anda lebih fresh bukan malah pusing karena kehabisan uang.

T: Bagaimana cara mengatur keuangan untuk liburan keluarga akhir tahun yang tepat, sehingga tidak terjadi pemborosan?
(Veronica, 29)

J: Pemborosan untuk liburan akhir tahun biasanya disebabkan oleh naiknya biaya paket berlibur. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, biaya liburan di musim High Season seperti akhir bulan Desember bisa naik drastis dari harga di musim Low Season. Oleh sebab itu, jika Anda belum punya rencana liburan, boleh ya ditunda sedikit ke minggu kedua Januari dan Anda bisa nikmati liburan yang sama dengan harga  hingga 70% lebih murah. Nah, kemudian coba ikuti tips persiapan liburan ini ya…

1. Libur yang kreatif
Liburan di akhir tahun, terlebih jika Anda memiliki anak yang masih kecil, bisa jadi menyenangkan apabila kita kreatif dalam menyusun acaranya. Tidak perlu jauh-jauh, di kota tempat Anda tinggal coba lah eksplorasi berbagai tempat hiburan atau museum yang ramah dengan anak. Bisa juga Anda membuat acara bermain di rumah saudara atau teman dengan mengumpulkan teman-teman si kecil. Sst, tempat hiburannya jangan yang ke pusat perbelanjaan ya…Nanti semakin boros pengeluarannya ?

2. Susun jadwal acara liburan
Biasanya pemborosan terjadi karena kita kurang melakukan perencanaan. Saya biasanya sudah punya jadwal hari 1 mau kemana, apa saja aktivitasnya dan lain-lain. Keuntungannya biaya liburan jadi lebih hemat, karena kita lebih efisien dalam pemilihan tempat dan sarana transportasinya. Jika pusat perbelanjaan adalah tujuan liburan, cukup kita masukkan 1x dalam seminggu saja.

3. Membuat anggaran liburan
Kumpulkan informasi seputar destinasi liburan, akomodasi dan hiburan selama disana. Hitung juga kebutuhan biaya makanan, sewa kendaraan, belanja oleh-oleh, dan tur lokal selama disana.


4. Bawa uang tunai atau kartu debit
Dengan bantuan anggaran liburan, kita jadi tahu berapa besar dana yang sebetulnya dibutuhkan. Coba disiplin hanya membawa uang tunai atau tabungan berATM dengan jumlah maksimal sesuai dengan alokasi pos pengeluaran. Pos pengeluaran untuk liburan biasanya dibagi menjadi: Pos Persiapan, Pos Transportasi & Akomodasi, Pos Jajan &Makan, Pos Belanja, serta Pos Kegiatan (tiket masuk taman hiburan, sewa Banana Boat, dan lainnya).

5. Bahagia dengan berlibur
Nah, ini tips yang menurut saya paling penting. Apa sih makna berlibur untuk Anda? Apakah penting pergi ke HongKong, tapi selama disana merana karena harus berhemat? Liburan artinya berhenti sejenak dari aktivitas rutin harian selama ini, untuk mendapatkan waktu yang berkualitas untuk keluarga atau diri sendiri. Nikmatilah liburan Anda sesuai dengan dana yang dimiliki. Dan jangan gunakan kartu kredit untuk mendanai liburan Anda!

Selamat berlibur ya…

Live a Beautiful Life,
Prita Ghozie (Twitter @PritaGhozie).

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply