Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Mau Jajal Trek Off-Road? Perhatikan Langkah Ini
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Oleh Aditya Maulana - detikOto


Jakarta - Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata off-road? Di benak Anda semua pasti berpikir kalau off-road itu merupakan kegiatan yang mengasyikkan di atas gunung, bukit atau jalanan yang memiliki medan yang sangat menarik.

Jangan coba-coba jika Anda tidak begitu paham tentang dunia off-road terlebih jika baru pertama kali, sebab risikonya cukup besar.

Tapi jangan khawatir, Otolovers semuanya tidak perlu berkecil hati. Sebab detikOto kali ini bakal memberikan tips dan trik untuk Anda semua yang ingin terjun ke dunia off-road terutama untuk kaum pemula.

Andy Harsono, pembalap yang sudah lama berkecimpung di dunia off-road ingin memberikan sedikit tips dan trik bagi pemula yang ingin bermain off-road.

Hal pertama yang harus Anda lakukan yakni, jika sudah ada di dalam mobil Anda harus menggunakan helm dan sabuk pengaman.

"Utamakan keselamatan karena medan off-road itu sangat berbahaya. Apalagi jika Anda baru pertama kali," kata pria kelahiran Jakarta 9 November 1971 ini saat berbincang dengan detikOto.

Hal kedua yakni, Anda diwajibkan menggunakan roll bar. Baik pemula maupun yang sudah lama sebenarnya menggunakan roll bar itu sangat penting.

"Untuk pemula biasanya pengen gas terus. Bawaannya nafsu kalau sudah masuk trek. Ada baiknya jika selalu menggunakan roll bar," ujarnya.

Hal ketiga yakni, kemampuan menyetir dan menguasai mobil. Utamakan harus bisa menyetir dengan baik dan benar. Meski di trek off-road berbeda dengan jalan biasa tapi skill mengemudi itu sangat diutamakan.

"Kemampuan ini sangat penting. Banyak jalan-jalan yang cukup keras. Misalnya turunan, tanjakan yang terjal. Seperti itu harus membutuhkan skill mengemudi yang baik," tutur pria yang pernah menjadi juara 1 di West Java 2011 membawa team B4C (Bintaro 4x4 comunity).

Hal terakhir yang harus diperhatikan yakni, kemampuan mobil. Spek mobilnya juga harus benar-benar mendukung untuk dibawa off-road.

"Minimal mobil itu cocok untuk dibawa off-road. Tidak usah terlalu ekstrim modifikasinya. Kalau mobil sudah cocok untuk off-road bakal enak dibawanya. Tinggal kita bisa menyesuaikan saja dengan medan jalannya," terangnya.

"Intinya kalau untuk pemula utamakan keselamatan, jangan nafsu kalau sudah di trek. Pelan-pelan saja untuk adaptasi dengan medan jalan. Kalau sudah menguasai medan dan yakin baru kita boleh gas poll," tutup Andy.

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply