Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Aksesori Mahal Bisa Diasuransikan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Oleh Gilang Budiman


Saat memiliki mobil, tak sedikit pemilik yang memasang aksesori tambahan untuk membuat mobilnya menjadi lebih menarik atau berbeda dengan yang lain. Contohnya seperti mengganti pelek dan ban yang berukuran lebih besar, memasang suspensi dengan karakter khusus atau body kit untuk memperbaiki sistem aerodinamika mobil, hingga lampu ekstra pada mobil dan lainnya.

Dengan memasang berbagai aksesori tambahan tersebut, potensi kerugian yang dialami ketika tabrakan pun makin besar. Karena bisa jadi, produk aksesori itu dibeli dengan harga relatif mahal. Jadi selain mobil, kerugian bertambah jika turut menjumlahkan kerusakan aksesori itu.

Kita memang tidak pernah tahu kapan dan dimana kecelakaan di jalan bisa terjadi saat sedang menggunakan mobil. Mulai dari risiko terserempet hingga tabrakan yang membuat mobil dan aksesori mobil hancur atau rusak.

Namun kita bisa mengambil langkah antisipasi dengan mengasuransikan aksesori mobil itu. Memang belum semua perusahaan asuransi mempunyai pelayanan seperti itu. Jadi, bagi pemilik mobil yang ingin mengasuransikan mobil beserta aksesorinya, dapat mencari asuransi mobil yang mempunyai pelayanan asuransi aksesori juga.

“Semua aksesori tambahan pada mobil dapat diasuransikan. Dan cara mengasuransikan aksesori mobil juga mudah dan cepat,” ujar Asep Iman Permana, marketing di perusahaan broker asuransi IBS (Insurance Broking Service).

“Konsumen perlu merinci aksesori apa saja yang ingin diasuransikan. Lalu jumlah harga aksesori tersebut ditambah dengan harga mobilnya. Setelah itu total harga mobil dan aksesori dikali dengan rate premi asuransinya,” lanjut Asep.

"Harga aksesori yang dapat diasuransikan tidak ada batasnya, bisa saja melebihi harga mobilnya. Hal itu diperbolehkan asalkan aksesorinya dirinci dengan jelas. Namun balik lagi pada kebijakan dari perusahaan asuransi masing-masing, karena tidak semua perusahaan asuransi mempunyai aturan yang sama," tambah Asep.

Untuk mengasuransikan aksesori, kebijakan dari tiap asuransi berbeda-beda. Ada yang melakukan survey, ada pula yang tidak. Jika tidak melakukan survey, pelanggan diminta untuk mengirimkan foto aksesori yang ingin diasuransikan.

Proses mengasuransikan mobil dan aksesorinya juga berbeda-beda. Ada yang cukup mendaftarkan dan memberikan rincian harga aksesori beserta mobilnya saja, baru proses survey dilakukan belakangan. Ada juga perusahaan asuransi yang melakukan proses survey dulu baru meng-cover mobil pelanggan.

Ilustrasi perhitungan asuransi aksesori

Jika mobil Anda dilengkapi aksesori tambahan seperti pelek, body kit atau komponen aftermarket, perlu ditentukan harga dari aksesori itu. Nominal yang digunakan adalah harga baru dari produk tersebut. Perhitungannya sebagai contoh untuk mengasuransikan beberapa aksesori itu.

Misalkan harga mobil Rp 180 juta, maka ditambah Rp 65 juta menjadi Rp 245 juta. Baru Rp 245 juta dikali dengan rate premi asuransi yang berlaku. Semisal rate preminya 1,7%, jadi Rp 245 juta dikali 1,7%. Maka premi yang harus dibayarkan adalah Rp 4.165.000. Nah, rate premi ini berbeda-beda tergantung perusahaan asuransi.

Aksesori                          Harga
Pelek Volks Ray's 19 inci Rp 40 Juta
Body kit TRD                  Rp 20 Juta
Strubar TRD                    Rp 5 Juta
Total                               Rp 65 Juta

Sumber: Autobild

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply