Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Dari Tes Tabrak Kelompok Mobil Kecil, Hanya Chevrolet Spark Yang Aman
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Amerika - Institut Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya (Insurance Institut for Highway Safety = IIHS) di Amerika telah melakukan tes kecelakaan terhadap mobil-mobil kecil dari berbagai merek. Hasilnya, sebagian besar dari kendaraan bernasib buruk dan hanya Chevrolet Spark yang mendapat rating baik. Begitu laporan dari IIHS yang dimuat oleh Automotive News (22/1).

Adapun kendaraan kecil yang di tes tabrak, selain Spark, ada Fiat 500, Ford Fiesta, Honda Fit (Jazz), Nissan Versa, Kia Rio, Mazda2, Mitsubishi Mirage, Toyota Prius C, dan Toyota Yaris. Dan Spark meraih penghargaan sebagai keselamatan terbaik. Tes terhadap mobil hatchback ini mulai dilakukan oleh IHSS pada 2012.

Metode pengetesannya disebut "small-overlap test" (SOT) berupa tabrak frontal, yakni bagian depan mobil dibenturkan dengan benda keras. Mobil dilontarkan (melaju) dengan kecepatan 64 km/jam. Dengan begitu, parahnya kondisi pengemudi dan penumpang bisa diketahui.

SOT ini lebih sulit ketimbang model "head-on collision" lantaran bagian depan mobil langsung diremukkan. "Kendaraan kecil yang ringan memiliki kelemahan keamanan yang kurang baik. Itulah, kenapa lebih penting untuk memilih satu dengan melindungi penumpang," jelas Joe Nolan, Wakil Presiden IIHS. Sayangnya, mobil-mobil kecil itu tidak berperforma sebaik kendaraan lain.

Dari hasil pengujian, Honda Fit dan Fiat 500 paling buruk dan kompartemen ruang kabin depan masuk dalam "seriously compromise". Malah, untuk Fiat 500, pada bagian engsel pintunya robek, sehingga bisa membuat pengemudi terpental ke luar.

Tapi, rata pengemudi dan penumpang yang menggunakan boneka, pasca-tes mengalami luka pada kaki kiri. Kecuali Fit, Fiat 500, dan Hyundai Accent, cederanya paha kiri atau pinggul. (Mobil.Otomotifnet.com)

Sumber: Otomotifnet

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply