Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Membuat Kunyit Asam Sendiri di Rumah
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Oleh Guk Sueb

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies sudah mengetahui bagaimana manfaat jamu kunyit asam bagi kesehatan, khususnya bagi kaum hawa. Kunyit asam memang tersedia di pasaran secara instan, namun apa salahnya membuat sendiri jamu kunyit asam di rumah? Lebih alami sekaligus belajar memanfaatkan tanaman obat, dan tidak ragu dengan isu bahan pengawet.

Sebagaimana disampaikan oleh perusahaan jamu terkemuka di Indonesia melalui situs Republika.com, kunyit asam dibuat dari bahan pokok seperti 80 gram asam Jawa, 150 gram kunyit, 130 gram gula Jawa, 80 gram gula pasir, garam secukupnya dan satu liter air.

Pertama-tama yakni pisakan biji asam dari dagingnya, kemudian aduk daging asam tersebut dengan sedikit air. Sementara kunyit diparut, peras airnya dan diendapkan. Campur air asam dan air kunyit dalam kuali tanah, rebus hingga agak kental, kemudian disaring. Sedangkan untuk penghilang nyeri atau antiradang, rimpang kunyit sebanyak 20 gram dibuang kulitnya, lalu diparut.

Beberapa penyajian biasanya ditambahkan dengan gula pasir. Bagi beberapa ladies yang sedang menjalani program diet tanpa gula, gula pasir dapat diganti dengan madu. Tambah beberapa sendok madu pada campuran jamu sebelum disajikan. Jamu kunyit asam dapat diminum pada keadaan panas maupun kondisi dingin.

Seperti ditambahkan bimbingan.org, cara membuat kunyit asam tergolong sangat mudah. Beberapa jamu lain yang mudah dibuat di rumah sendiri yakni beras kencur. Cara pembuatannya pun sederhana dan ladies pasti dapat meluangkan sedikit waktunya untuk membuat jamu sendiri agar sesuai dengan selera. (vem/rsk)

Sumber: Vemale

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply