Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Game Komputer
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Sepertinya memang sudah diciptakan untuk sejalan seiring. Dimana ada hal serius, disitu pula kita justru akan bisa menemukan hal lain yang sifatnya justru main-main. Pada waktu komputer diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia agar bisa lebih mudah dan cepat terselesaikan, orang jadi lebih serius dalam bekerja.

Tapi seperti kata almarhum Steve Jobs sang pendiri Apple Inc., selalu ada sisi seorang anak dalam diri kita. Karena itulah begitu perangkat keras ini beredar, para ahli mulai merancang sesuatu yang nantinya akan bisa dimainkan pada sebuah komputer, agar penggunanya tidak cuma bisa berkerut di depan layar monitor menatap tabel-tabel keluar masuk barang, tapi juga bisa merasakan sensasi lain dari sebuah komputer.

Sesuatu yang sensasional itu adalah game komputer. Sejak Microsoft baru mengeluarkan MS-DOS untuk sistem operasi komputer, para programmer sudah mulai mencoba berbagai kode bahasa pemrograman, yang nantinya akan dapat menjadi sarana penghibur bagi pemakainya. Memang pada saat itu, sekitar tahun enam puluh atau tujuh puluhan, penggunaan grafis sebagai sarana permainan masih sangat terbatas.

Kalau anda termasuk bagian dari anak muda era delapan puluhan, tentunya masih sempat mengalami perubahan, atau lebih tepatnya pengembangan untuk grafis komputer, dari cuma sekedar menampilkan rangkuman statistik penjualan perusahaan menjadi aneka bentuk menarik untuk dimainkan. Gambar tampilannya pada masa itu masih kasar dan kotak-kotak. Jadi lucu juga melihat bentuk manusia sedang menaiki tangga, tapi bentuk manusia dan tangganya mirip-mirip.

Apalagi dengan animasi patah-patah karena keterbatasan kemampuan grafis saat itu, menyebabkan tidak banyak game yang bisa diciptakan. Untuk komputer jadul alias jaman dahulu, permainan sekelas Pac Man saja sudah sangat canggih, apalagi ketika Frogger masuk ke Indonesia. Ada juga Skifree, dimana anda bisa memainkan sosok pemain ski melewati berbagai halang rintang. Namanya game jadul, jelas gambarnya juga masih zaman baheula. Tampilan kotak-kotak dan warna-warni terbatas. Tapi setidaknya sudah cukup seru untuk menjadi hiburan, meski untuk itu anda harus rela membelinya dalam bentuk disket berukuran 5 1/4 inci karena penggunaan hardisk masih belum marak.

Seiring berjalannya waktu, berbagai terobosan dalam computer graphics terus bermunculan, dan efeknya adalah tampilan gambar jadi jauh lebih halus sehingga para pembuat software jadi lebih leluasa menciptakan karya-karya terbaru. Bahkan game seperti sepakbola pun sudah mulai dimainkan di era sembilan puluhan meski tentu saja pergerakan pemainnya masih sangat terbatas. Setidaknya bentuk dan warna lapangan bolanya sudah mulai mendekati lapangan bola sesungguhnya, dan para pemainnya juga mulai kelihatan bentuk manusianya. Pada masa sembilan puluhan inilah game Prince of Persia menjadi salah satu pencetak hit terbesar di seluruh dunia. Kualitas grafik yang cukup halus serta mumpuni mampu memperlihatkan sosok karakter sang lakon, musuh-musuhnya berupa tengkorak, gerakan naik turun jebakan-jebakannya, bahkan seluruh bangunan istana tempat misi petualangan berlangsung terlihat cukup baik. Kelak Prince of Persia ini juga dikembangkan dalam berbagai versi, bahkan termasuk untuk konsol seperti Playstation, juga diangkat ke layar lebar dengan judul sama.

Sewaktu Bill Gates sang pendiri sekaligus pemilik Microsoft memperkenalkan Windows 95, dengan berbagai kelebihan terutama dari sektor grafis, barulah inovasi para pembuat game makin menggila. Dukungan hardisk sebagai sarana penyimpan yang semakin besar, membuat penciptaan kualitas gambar lebih halus juga semakin memungkinkan.

Karena itulah pelan tapi pasti mulai bermunculanlah beragam jenis permainan seperti kita kenal. Pada masa Windows 95, game paling terkenal saat itu adalah Pinball. Ada juga Minesweeper dan Solitaire yang merupakan permainan menyusun kartu dengan mengurutkannya. Semakin berkembang teknologi, program komputer juga semakin canggih, begitu pula tampilan grafisnya. Akhirnya kita mulai mengenal permainan beresolusi tinggi seperti buatan Electronic Arts, Capcom, serta masih banyak lagi lainnya.

Variasinya pun makin banyak, bahkan mulai ada pengkategorian seperti game khusus anak perempuan, otomotif, olahraga dan lain-lain. Di saat bersamaan, seiring makin mudahnya koneksi internet, game-game online berkualitas tinggi juga bermunculan, diantaranya Ragnarok, Counter Strike, Pointblank dan sebagainya. Jadi, ada begitu banyak pilihan permainan agar anda bisa lebih bersantai sesudah seharian penat memelototi presentasi atau tabel penjualan. Waktunya memanjakan diri dengan game pilihan anda.

Sumber: 9triliun

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply