Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » 3 Alasan Utama Mengapa Perencanaan Keuangan Keluarga Sangat Penting
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Bukankah seharusnya kita tinggal mengikuti nasehat sederhana dari orang tua kita yang bunyinya, ”Dapatkan pendidikan yang bagus, pekerjaan dengan gaji tinggi, serta menabung agar menjadi orang kaya di kemudian hari!”

Seiring dengan perjalanan hidup Anda, Anda mungkin semakin merasa bahwa nasehat orang tua Anda mulai tidak relevan lagi mengingat pendidikan tinggi tidak menjamin Anda mendapat pekerjaan bagus yang bergaji tinggi.

Pekerjaan bergaji tinggi pun tidak menjamin Anda memiliki uang lebih untuk ditabung. Bahkan, menabung pun tidak akan dapat membantu Anda mengalahkan inflasi, apalagi mencapai cita-cita menjadi orang kaya melalui menabung. Rasanya seperti mimpi di siang bolong.

Anda akan terkejut bagaimana perencanaan keuangan keluarga dapat memberi Anda dan keluarga rasa aman dalam membangun masa depan keluarga. Berikut adalah 3 alasan mengapa perencanaan keuangan keluarga sangatlah penting untuk dilakukan :

1. Perencanaan keuangan keluarga dapat melindungi Anda dan keluarga dari bencana keuangan (financial disaster) yang tidak terduga

Mari hadapi kenyataan : Tidak ada seorang pun yang dapat meramalkan secara PASTI arah perekonomian di masa mendatang dan seseorang tidak pernah tahu apabila suatu hari ekonomi yang buruk menyebabkan dirinya mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), bahkan meskipun saat ini ia mendapat posisi/jabatan yang sangat bagus. Coba ingat-ingat kasus krisis yang pernah terjadi di masa lampau di mana terjadi pemutusan hubungan kerja yang tiba-tiba dalam jumlah yang sangat BESAR.

Tidak ada seorang pun yang kebal dari penyakit kritis yang mewajibkan seseorang harus menguras habis aset-asetnya hanya untuk membiayai pengobatan. Ditambah lagi, masyarakat dewasa ini cenderung mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak menyehatkan disertai dengan kurangnya olahraga yang tentunya akan semakin meningkatkan resiko penyakit kritis di kemudian hari.

Ada lagi resiko kecelakaan yang mungkin menyebabkan seseorang menderita cacat tetap total yang menyebabkan dirinya tidak dapat bekerja lagi dan menyebabkan keluarganya kehilangan sumber pendapatan.

Bukannya saya bermaksud menakut-nakuti, tetapi ini semua adalah kemungkinan-kemungkinan yang harus Anda hadapi karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Perencanaan keuangan keluarga tentunya tidak dapat menghindarkan Anda dari resiko PHK, penyakit, maupun kecelakaan. Akan tetapi, perencanaan keuangan keluarga dapat membantu Anda mengurangi dampak finansial dari kejadian-kejadian di atas dengan menyediakan dana likuid yang cukup untuk membayar semua kebutuhan hidup Anda dan keluarga serta dapat mempertahankan gaya hidup saat ini, meskipun Anda kehilangan sumber penghasilan untuk waktu yang lama akibat risiko-risiko di atas.

2. Anda dapat membiayai pengeluaran-pengeluaran masa depan yang jumlahnya sangat BESAR tanpa harus merasa khawatir

Banyak kebutuhan-kebutuhan masa depan yang PASTI datang ke hadapan Anda, tetapi hanya 10% orang yang menyiapkannya sejak dini. Kebutuhan-kebutuhan BESAR masa depan ini tidak akan dapat terpenuhi apabila Anda tidak menyiapkannya dari sekarang.

Pengeluaran-pengeluaran masa depan dalam jumlah BESAR yang dimaksud di sini seperti dana pendidikan anak, dana pernikahan (bila Anda belum menikah), dana pernikahan anak Anda, dana pensiun, dana pembelian rumah, dana pembelian kendaraan, dana liburan,  serta biaya-biaya kesehatan yang tidak terduga.

Jika Anda mulai berinvestasi dari sekarang dan mengerti cara memilih instrumen yang sesuai dengan tujuan-tujuan yang ingin Anda capai, Anda akan memiliki dana yang cukup di masa depan saat kebutuhan-kebutuhan tersebut datang.

3. Anda dapat pensiun dengan tenang sesuai dengan gaya hidup yang Anda inginkan tanpa harus menjadi beban bagi anak Anda maupun sanak saudara lainnya

Melalui perencanaan keuangan keluarga, Anda dapat menyusun rencana/peta menuju pensiun yang nyaman dan merdeka secara finansial. Peran financial planning menjadi sangat jelas dalam hal ini. Anda juga dapat meminta bantuan dari seorang financial planner (perencana keuangan) untuk memberi Anda gambaran dalam menyusun rencana menuju pensiun yang nyaman.

Ketiga alasan di atas hanyalah sebagian ‘kecil’ alasan yang menjawab pertanyaan “Mengapa perencanaan keuangan keluarga sangatlah penting untuk dilakukan ?”

Sumber: Portalkeuangan

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply