Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Meningkatkan Daya Saing Pribadi Atau Anda Tersisihkan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Oleh Rahmat ST


Meningkatkan daya saing pribadi itu penting bung! Masih banyak orang yang anti dengan persaingan. Katanya, tidak perlu bersaing sebab rezeki tidak akan lari kemana. Bukankah Anda sudah mengetahui bahwa Allah memerintahkan kita untuk berusaha? Nah, meningkatkan daya saing pribadi itu adalah salah satu dari usaha atau ikhtiar. Rezeki tidak akan lari kemana, tapi Anda harus menjemputnya.

Jika kita mau melihat sekitar kita, meningkatkan daya saing pribadi itu jelas sangat penting. Coba kita perhatikan beberapa fakta ini:

  • Tingkat kelulusan perguruan tinggi bertambah setiap tahun. Artinya setiap tahun akan lebih banyak lagi pribadi-pribadi yang berpendidikan, memiliki kualifikasi yang bagus. Jelas mereka adalah pesaing Anda, karena mereka juga menginginkan memiliki profesi sementara tempat profesi itu terbatas.
  • Banyak pemuda, bahkan anak-anak, yang sudah meraih sukses besar dan mengagumkan. Kenapa? Ya, karena kemajuan pendidikan dan teknologi informasi memungkin siapa saja bisa belajar dengan cepat dan memiliki informasi yang cukup. Anda yang merasa sudah memiliki pengalaman, bisa kalah oleh “anak baru”. Kita bisa melihat adanya manajer muda, direktur muda, pengusaha muda, bahkan presiden muda. 
  • Profesi lintas negara. Bukan hal yang aneh, banyak perusahaan Indonesia yang impor “ahli” dari luar. Padahal gaji mereka jauh lebih mahal dibandingkan asli putera negeri. Mengapa banyak perusahaan mau membayar pegawai impor pada lebih mahal? Ya, karena pegawai impor itu memiliki kualifikasi yang lebih baik dibandingkan kita. Anda bisa saja berkoar bahwa anak negeri lebih baik dari pegawai impor, tapi berkoar tidak cukup, buktikan! 
  • Dunia internet akan memudahkan kita mendapatkan informasi dan konsultasi dari para ahli dunia. Keberadaan Anda akan diabaikan jika Anda tidak bisa menunjukan bahwa Anda memiliki keunggulan dibandingkan ahli dari luar. Itu hanya sebagian fakta yeng menunjukan bahwa Anda wajib meningkatkan daya saing pribadi atau Anda akan tersisihkan. Jika Anda ingin membeli pakaian, Anda akan memilih pakaian terbaik yang sesuai anggaran Anda. Begitu juga perusahaan, akan memilih karyawan yang terbaik. Begitu juga dengan pasar, akan memilih produk dan jasa yang terbaik. Jika tidak, Anda akan tersisihkan.
Jadi, jangan beralasan, jika ingin maju, jika ingin sukses, jika ingin terpilih, maka Anda harus meningkatkan daya saing pribadi Anda.

Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Saing Pribadi?

Daya Saing Pribadi Diawali dengan Mental Juara

Semua para ahli mengatakan bahwa langkah pertama untuk sukses itu adalah memiliki mental yang positif. Banyak orang yang mau kerja keras bahkan cerdas, tetapi tidak mencapai keberhasilan gemilang, alasannya karena masalah mental. Masalah mental juga bisa menghambat tindakan. Tindakan adalah penting, tetapi lebih penting bagaimana agar Anda bertindak, bukan hanya bertindak, tetapi tindakan yang tepat, dengan arah yang tepat, dan terus bertindak sampai mencapai akhir.

Mengenai pentingnya mental juara, saya sudah menulis di artikel sebelumnya, silahkan baca: Mental Juara Itu Perlu. Yang pada intinya adalah mental juara selalu menginginkan yang terbaik dan berusaha pantang menyerah untuk mencapai yang terbaik. Mental juara sangat penting dimiliki jika Anda ingin meningkatkan daya saing pribadi Anda.

Disinilah Perlunya Belajar dan Pengembangan Diri

Salah satu kelemahan yang menjadikan diri kita tersisih karena kita memang masih lemah dalam belajar dan pengembangan diri. Saya memiliki pengalaman bagaimana bekerja dengan pegawai asing. Saya akui saya banyak belajar kepada mereka karena mereka memang memiliki keahlian yang tidak dimiliki oleh kabanyakan orang Indonesia. Ini harus kita sadari.

Kita bisa berbicara bahwa kita sebenarnya tidak kalah oleh mereka. Ya, bisa jadi ada sebagian orang Indonesia yang memang lebih hebat. Sudah banyak pula fakta bahwa orang Indonesia mampu berprestasi di tingkat dunia. Pertanyaanya adalah apakah orang tersebut Anda?

Saya berbicara tentang Anda. Fokus pada diri sendiri. Apakah Anda sudah memiliki daya saing pribadi yang cukup? Untuk mencapai karir yang lebih bagus, Anda memerlukan daya saing pribadi. Untuk mendapatkan klien, Anda juga memiliki daya saing yang unggul. Untuk bisnis pun sama. Sejauh mana Anda berhasil, itu menunjukkan sejauh mana keunggulan daya saing pribadi Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan daya saing pribadi, maka tidak ada jalan lain, setelah Anda membangun mental juara Anda harus mau belajar dan mengembangkan diri Anda. Buktikan bahwa Anda benar-benar terbaik secara nyata, yaitu Anda lebih dipilih dan dengan hasil karya nyata Anda. Bukan dengan omongan atau hanya berkoar. Buktikan!

Pengembangan diri yang seperti apa? Akan panjang jika dibahas disini, saya sudah menuliskan pada sebuah ebook dan berjam-jam video bagaimana kita mengembangkan diri agar menjadi juara alias memiliki daya saing pribadi yang unggul, silahkan miliki The Champion Way, pelajari dan aplikasikan, insya Allah Anda akan memiliki daya saing yang hebat.

Kesimpulan

Persaingan semakin lama akan semakin ketat. Orang-orang hebat terus bermunculan begitu juga produk-produk baru lahir setiap hari. Anda perlu memiliki daya saing pribadi yang kuat atau Anda akan tersisihkan. Bagaimana pun perusahaan dan pasar akan mencari yang terbaik. Untuk itulah, tingkatkan daya saing pribadi Anda dengan membangun mental juara, belajar, dan pengembangan diri.

Sumber: Motivasi Islami

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply