Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » 10 Langkah Awal Memulai Wirausaha untuk Mencapai Kesuksesan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Pertama-tama coba anda pikirkan dan temukan satu saja perusahaan dunia yang sekarang telah sukses dan kesuksesan yang mereka capai didapat dengan tiba-tiba dan dalam waktu singkat… Sangat jarang dan bahkan mungkin tidak ada. Karena pada dasarnya semua perusahaan terkemuka yang ada sekarang, memulai segala sesuatunya dari usaha sederhana mereka. Bill Gates dengan Microsoftnya, Facebook atau Apple, bisa anda bandingkan produk-produk mereka yang sekarang anda gunakan dengan produk mereka 10 tahun yang lalu. Pada 10 tahun yang lalu, mereka semua tak ada yang bisa menduga hasil usahanya bisa mencapai seperti yang mereka raih hari ini, karena yang mereka lakukan adalah tidak dengan cara menebak-nebak, tapi dengan menjalankan usahanya hari demi hari dan terus berinovasi tanpa henti hingga hasilnya seperti yang dapat kita ikut rasakan hari ini.

Kisah sukses yang dapat kita ambil sebagai contoh dalam menjalankan bisnis apapun adalah jangan terburu-buru dalam mengejar kesuksesan dan jangan selalu berpikir untuk mencari usaha yang langsung dimulai dengan skala besar. Yang paling tepat adalah segera ambil langkah memulai usaha, walaupun dengan yang sangat sederhana, namun terus mengembangkan dan melakukan inovasi tahap demi tahap sesuai kemampuan, sehingga kita memiliki pondasi kuat dan tetap punya keseimbangan antara beban kerja dan nilai pemasukan. Serta yang paling utama, kita menikmati perkembangannya.

Berikut ini adalah 10 Langkah awal memulai wirausaha untuk mencapai kesuksesan, Langkah-langkah dibawah ini mungkin sedikit akan menekan ambisi anda, namun justru bermanfaat untuk menghindari dari resiko kegagalan yang tidak perlu.

1. Model Bisnis 

Saat akan memulai, tentukan apa bidang usaha anda dan pastikan anda sudah punya contoh yang bisa ditiru sebagai model yang telah terbukti keberhasilannya. Anda bisa meniru bagaimana model anda mencapai keberhasilannya dan bagaimana mereka dalam mengatasi kegagalannya. Hal ini juga berhubungan ketersediaan market untuk produk atau jasa anda. Untuk memulai lebih baik tidak mengutamakan idealisme.

2. Cari Partner yang Tepat

Carilah rekan kerja yang dapat berfungsi dalam setiap elemen usaha; pembagian permodalan, pembagian kerja dan menyelesaikan masalah. Dunia bisnis adalah perjalanan beresiko, dengan memiliki partner anda tidak sendirian saat memiliki masalah.

3. Hargai Waktu

Wirausaha adalah dunia yang berbeda. Tidak ada yang mengatur waktu anda. Banyak wirausahawan terutama pada sektor jasa yang mengalami kegagalan karena tidak dapat mengatur waktu dengan tepat. Sebagai wirausahawan justru waktu anda harus lebih luas dari jam kerja pekerja. Bangun lebih awal, konsolidasi lebih sering dan mengatur acara lebih banyak. Usahakan memiliki jadwal tetap dan selalu tepat waktu.

Sedikit saja anda terlena, maka pesaing akan siap mengambil alih pelanggan anda.

4. Jadi Karyawan Teladan 

Mungkin di sebuah kantor ada pemilihan karyawan teladan dan sebulan selalu berganti orangnya. Di dunia wirausaha, mau tak mau anda harus selalu menjadi karyawan teladan dan terbaik setiap waktu.

5. Manager Marketing

Di dunia wirausaha, anda ibaratnya adalah manajer marketing. Anda harus menguasai teknik penjualan yang baik dan keahlian berkomunikasi dengan pelanggan. Anda haruslah menjadi orang yang paling mengerti dan paham pada bidang yang dijalankan dan mampu memberi informasi yang baik kepada pelanggan.

6. Manager HRD 

Cepat atau lambat anda akan membutuhkan karyawan. Dalam bidang ini andapun setidaknya harus memiliki kecakapan dalam memilih dan menentukan calon karyawan agar pilihan anda sesuai dengan visi dan misi usaha dalam jangka panjang kedepan. Kesalahan dalam rekrutmen kadang dampaknya sangat berpengaruh dalam kelangsungan operasional.

7. Tahu Semua Harga

Sebagai wirausahawan, anda wajib mencermati semua arus pengeluaran dan biaya-biaya yang dikeluarkan. Mulai dari modal awal, biaya sewa tempat, gaji karyawan, pajak, biaya listrik, hingga harga kertas, tinta printer. Berapa banyak pengeluaran yang anda harus keluarkan dan berapa target pemasukan yang harus anda kejar untuk menghasilkan keuntungan usaha. Selain itu dengan tahu harga andapun dapat terhindar dari ‘penipuan’ adanya beban biaya-biaya tinggi yang tak perlu.

8. Manajer Humas

Satu lagi tugas penting yang harus dikuasai adalah dalam bidang hubungan komunikasi keluar. Bukan rahasia lagi bila hendak membangun suatu usaha disuatu tempat, tentu akan berhubungan dengan masalah perijinan dan berhubungan dengan lingkungan sekitar. Anda wajib mengetahui apa saja ijin yang diperlukan dan kemana anda mengajukannya. Selain itu, faktor-faktor keamanan lingkungan kadang harus menjadi perhatian. Disini teknik menjalin komunikasi yang baik sangat diperlukan agar usaha anda dapat diterima dengan baik oleh lingkungan sekitar.

Begitu juga dengan partner vendor dan supplier, anda harus dapat menjalin komunikasi agar selalu dekat sehingga ketersediaan bahan baku selalu dapat dijaga.

9. Teknik Promosi 

Disini anda harus dapat menentukan teknik dan cara promosi yang tepat untuk menjual usaha anda secara efisien namun memiliki dampak positif yang cepat dan luas. Salah satu lewat media internet dan sosial media. Anda wajib memiliki website, akun twitter, facebook untuk meningkatkan popularitas usaha.

Teknik promosi lain yang efektif misalnya mengundang majalah untuk membahas usaha anda sebagai artikel, atau menyediakan tempat sebagai lokasi syuting acara kuliner (Bila usaha anda berhubungan dengan bidang kuliner).

10. Tidak Mudah Menyerah 

Faktor paling penting dari 10 langkah awal memulai wirausaha untuk mencapai kesuksesan adalah tidak mudah menyerah. Faktor ini sangat berpengaruh pada 9 langkah lainnya. Anda membutuhkan mental yang kuat dan tak mudah menyerah untuk dapat menjalankan roda usaha agar terus berputar dan maju makin cepat. Tidak mudah memang, karena pasti selalu ada hambatan dan rintangan dalam perjalannya, namun bila anda tetap bertahan niscaya kesuksesan akan semakin mendekat. Yang terpenting adalah fokus jalani hari demi hari, nikmati dan terus kembangkan dengan menciptakan inovasi dan kreatifitas baru.

Sumber: Wartawirausaha

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply