Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » 7 Modal Perempuan Sukses Berbisnis
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

(http://pluspositif.blogspot.com)

Banyak yang bilang, pria punya insting bisnis yang lebih tajam. Benar atau tidak, yang pasti sebagai perempuan juga dianugrahi kekuatan diri yang tak kalah hebat. Anda hanya perlu lebih sering mengasahnya.

Dalam tulisannya yang berjudul “The Female Brand: Using the Female Mindset to Succeed in Business,” Catherine Kaputa mengatakan, “Menjadi perempuan, merupakan modal utama yang kita miliki untuk meraih sukses. Ada sejumlah cara untuk mewujudkannya.”

1. Peduli terhadap perasaan orang lain

Tingkat intelegensi atau IQ memang menjadi patokan dalam mengukur kecerdasan, namun 70 persen kesuksesan ditentukan dari kecerdasan emosinal atau EmQ kita.

EmQ sendiri ialah kemampuan seseorang untuk memotivasi diri sendiri, berempati pada orang lain, mengendalikan emosi, mampu menjadi Mandiri, rasa setia kawan yang tinggi, serta rasa hormat. Nah, berkat hormon esterogen dan oksitosin yang dihasilkan dalam tubuh, kita punya kekuatan lebih untuk berempati dan tidak egois.

Lakukan: sebelum membicarakan proyek, bangun suasana menyenangkan dengan menanyakan kabar, hobi, atau apa yang menjadi kegemaran lawan bicara supaya terjalin kedekatan yang membuat hubungan bisnis jadi lebih baik.

2. Daya tarik tinggi

Don’t judge a book by its cover memang ada benarnya, namun sebelum seseorang mengenal Anda lebih dalam, mereka akan lebih dulu menilai Anda dari penampilan.

Dalam bisnis, penampilan bisa membuat kita tampak lebih pintar, produktif, bersahabat atau malah sebaliknya. Dan sebagai perempuan, kita memiliki daya tarik visual lebih dibanding pria. Manfaatkan dengan baik, tentunya dengan cara positif.

Lakukan: dari senyum turun ke hati. Jadi, jangan pelit-pelit mengumbar senyum karena ini merupakan kunci utama membuka gerbang komunikasi yang baik dengan orang lain.

Catherin bilang, “Berpakaianlah sebaik mungkin dan tonjolkan kecantikan Anda. Bermainlah dengan aksesori, atau bila tidak terlalu into pada fashion, lakukan sesuatu pada rambut agar ia terlihat indah. Lalu, tampilah dengan penuh percaya diri.”

3. Mudah bersosialisasi

Kenyataannya, perempuan dianugrahi gen yang membuat mereka mudah berinteraksi dan menjalin hubungan baik dengan orang lain. Artinya, kita diberi kemampuan untuk menjadi networker handal hingga menciptakan timwork yang baik.

Lakukan: memiliki banyak relasi membuat kita dipertemukan dengan banyak peluang baru yang bisa kita gunakan untuk menyukseskan karier atau meng-upgrade bisnis. Manfaatkan ponsel pintar untuk mencatat kontak-kontak penting. Jangan ragu untuk menukar kartu nama saat ada acara kantor atau meeting dengan klien.

4. Pandai merayu

Dengan suara yang indah serta tutur kata yang baik, perempuan bisa dengan mudah menarik simpati lawan bicara. Pasalnya, tanpa sadar perempuan memiliki kemampuan untuk menggabungkan kinerja otak kanan dan otak kiri saat mengungkapkan perasaannya, membuat kita lebih unggul dalam menyampaikan pesan baik secara lisan maupun tulisan dibanding pria.

Lakukan: asah kemampuan bicara dan presentasi di depan orang banyak. Hanya butuh kata “yakin” untuk bisa melakukannya.

5. Gemar memprediksi

Penelitian menyebutkan, perempuan memang diberi kemampuan lebih untuk “membaca” perasaan bahagia, cemas, hingga frustasi yang dialami oleh orang lain hanya dengan melihat bahasa tubuh atau raut wajah.

Lakukan: gunakan kemampuan ini untuk melihat suasana hati klien, baik dari mimik wajah, intonasi suara, hingga gerak tubuh. Bila ia berada dalam mood yang buruk, bangunlah situasi yang kondusif atau lakukan kesepakatan di lain waktu. Termasuk saat ingin membicarakan proyek atau kenaikan gaji dengan si bos. Percaya atau tidak, negosiasi akan lebih lancar bila dilakukan dalam suasana hati yang baik.

6. Mudah berkolaborasi

“Pemimpin yang baik bukanlah mereka yang pandai mengatur bawahannya, namun mereka yang mampu membuat para bawahan lebih produktif untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. Bagaimanapun, kekuatan tim adalah kunci sukses bisnis. Hanya mementingkan target perusahaan bisa membuat rekan “meninggalkan” Anda dan kegagalan bermula dari sana,” ungkap Catherin.

Lakukan: jangan ragu untuk memberi apresiasi terhadap hasil kerja bawahan atau rekan. Jalinlah hubungan baik dengan sesama tanpa memandang gender. Setiap orang merupakan aset penting.

7. Pribadi yang menyenangkan

Benar deh, tak ada untungnya menunjukkan sikap jutek. Sebab ini bisa membuat orang lain tidak nyaman berada di samping Anda. Padahal, bisnis dan karier tidak hanya butuh modal pintar, namun juga kecerdasan berprilaku. Menjadi pribadi yang menyenangkan adalah salah satu kunci suksesnya.

Lakukan: jalin komunikasi yang baik dengan rekan, atasan, atau bawahan. Pilih-pilih kata sebelum berbicara atau menulis status di sosial media agar tak menyinggung perasaan orang lain. (*/Majalah Chic/Kompas.com)

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply