Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » 7 Tips Menjual Untuk Kepribadian Introvert
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Mungkin anda bingung kenapa ada tips menjadi sales di bahasan tentang wirausaha, penulis disini ingin mengemukakan bahwa untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses sangatlah diperlukan kemampuan untuk menjual. Dari pengalaman saya, dengan berbagai produk pilihan yang ada untuk setiap kebutuhan, maka bukan lagi poduknya yang penting, melainkan bagaimana cara untuk menjualnya dan seringkali secara khusus tertuju pada orang yang menjualnya.

Kalau mau dianalogikan dengan game, wirausahawan adalah bentuk evolusi dari sales, agak maksa sih, tapi bisa dibilang seperti itu. Ada suatu point dimana terjadi kenaikan tingkat (level up) ketika kita berhasil keluar dari zona nyaman.

Menjadi introvert atau ektrovert adalah suatu pilihan berdasarkan situasi, tapi untuk menjual sangatlah tidak disarankan menjadi introvert, jadi untuk anda yang pada dasarnya adalah introvert – Berikut adalah tips-tips yang dapat dilakukan:

1. Munculkan semangat berkobar-kobar

Bahasa berkobar-kobar mungkin berlebihan, tetapi sebagai introvert kita sering dikenal sebagai orang yang tidak dapat disemangati, karena cara kita yang pada umumnya sangat nyaman pada hal-hal yang hanya kita sukai ataupun karena ketidakpercayaan diri kita, tipsnya adalah milikilah semangat berkobar-kobar akan produk atau jasa yang anda jual karena dengan begitu maka perhatian kita akan lebih kepada antusiasme itu dan melupakan ketidakpercayaan diri kita dan juga zona nyaman kita.

2. Lakukan hal-hal yang buat anda takut

Takut dalam konteks ini adalah hal-hal yang buat anda tidak nyaman, sebagai orang introvert, ketakutan paling umum adalah untuk memulai pembicaraan, bagi saya untuk berbicara dengan orang adalah hal yang paling enggan dilakukan, tapi kita harus berani untuk menghadapi hal-hal yang buat kita tidak nyaman. Mulailah dengan secara bertahap untuk menghadapinya, pada contoh saya adalah dengan mulai menelepon customer saya lalu membuat janji untuk bertemu dan seiring dengan waktu kita sudah meninggalkan ketakutan itu.

3. Gigih dalam suatu hal sampai kita dikritik karenanya

Dalam dunia bisnis dan juga penjualan, kita tidak akan sukses jikalau kita tidak pernah dikritik. Follow up customer, hingga customer tersebut komplain pada kita, dan kalau sudah sampai tahap itu, tetap lakukan follow up sampai customer kagum akan kegigihan kita. Jika kita percaya pada produk dan perusahaan kita, maka anda akan mau untuk memaksa dan tentu saja menyanggupi juga untuk dikritik karena itu.

4. Amati orang-orang dengan perbedaannya

Setelah beberapa kali usaha pedekatan diri kita pada target customer yang kita tuju gagal, anda akan merasakan penolakan. Apa yang harus anda lakukan adalah ambil waktu untuk mengamati bagaimana tiap orang berbeda dalam merespon, sebagai orang introvert kita cenderung hanya percaya pada satu metode yang bagi kita nyaman tapi pada kenyataannya orang lain bukanlah kita dan masing-masing butuh perlakuan yang berbeda.

5. Paksa diri anda untuk berada di publik

Posisikan diri anda untuk berada pada keadaan yang memungkinkan anda untuk bersosialisasi, keluar dari rumah dan kantor, pergi ke tempat baru dengan intensitas yang cukup, sampai anda nyaman disitu. Dan libatkan diri anda juga pada aktivitas organisasi untuk memberikan kesempatan pada diri anda untuk berbicara di depan orang banyak, karena biasanya pada organisasi akan ada peluang untuk mengemukakan pendapat anda kepada anggota organisasi lainnya.

6. Tetap sibuk

Ketika kita secara konstan dalam pergerakan maka kita tidak akan ada waktu untuk merasa tidak nyaman dan dengan kesibukan yang ada, kita akan cenderung untuk meminta tolong pada orang lain, sebuah kesempatan lagi bagi kita untuk mengembangkan kepribadian kita.

7. Bantu orang lain untuk melakukan penjualannya

Dengan berbagai kemungkinan yang ada, penjualan kita bisa ada kegagalan, dan hal ini dapat membuat kita introvert menjadi kembali tidak percaya diri dan lesu. Luangkan waktu anda untuk membantu rekan yang lain dalam penjualannya, bekerja sama dengan orang lain akan membuat anda santai dan kembali yakin pada diri anda.

Tips wirausaha yang disajikan untuk sales ini dapat diaplikasikan bagi yang sedang berusaha menjual produk atau jasanya. Keluar dari zona nyaman anda dan lakukan yang terbaik untuk pengembangan diri dan bisnis anda.

Sumber: Wartawirausaha

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply