Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Yang Perlu Dicermati dalam Investasi Emas
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

(http://www.logammulia.com)

Emas adalah investasi yang tak lekang oleh waktu. Nilainya yang stabil membuatnya cocok untuk berbagai tujuan. Namun, dalam melakukan investasi emas, perlu diperhatikan sejumlah faktor. Pilihan jenis emas yang dibeli dan tempat penyimpanan menjadi hal yang harus dipertimbangan dengan matang.

Saya masih ingat ketika pertama kali terima gaji. Ibu saya menyarankan membeli emas sebagai simpanan. Katanya, emas itu nilainya tidak pernah turun dan jika dibutuhkan mudah sekali dijual. Mulai dengan sedikit dulu, tidak apa – apa, asalkan rutin, demikian pesan ibu saya. Sejak itu, saya selalu berusaha menyisihkan dari gaji, walaupun sedikit, untuk membeli emas secara rutin.

Banyak yang menganggap investasi emas itu mudah. Tinggal datang ke toko emas dan bawa pulang emasnya. Meskipun tampaknya mudah, sebetulnya ada beberapa hal yang wajib jadi perhatian. Hal yang perlu dipertimbangkan, bahkan sebelum mulai berinvestasi.

Pertama, saya menghindari membeli emas yang tidak menerima fisiknya langsung. Cash and Carry. Terkesan kuno ditengah zaman digital, tetapi keamanan lebih penting. Meskipun banyak tawaran, yang tidak jarang menawarkan keuntungan menggiurkan, berinvestasi emas tanpa menerima fisiknya.

Membeli emas tanpa mendapatkan fisiknya perlu extra hati-hati. Wajib dipastikan pihak lain yang menyimpan emas memang betul – betul memegang janjinya dan dapat dipercaya. Emas disimpan pada tempatnya dan investor dapat mengambilnya kapan saja.

Karena memastikan ini tidak mudah, saya memilih menghindari tawaran investasi emas yang tidak menyerahkan fisik langsung. Sudah banyak kejadian, emas yang sudah dibayar dan dijanjikan disimpan, ternyata tidak dapat diambil oleh pemiliknya saat diminta. Tidak sedikit yang rugi karena kasus investasi bodong.

Kedua, jenis emas yang dibeli sebaiknya adalah Logam Mulia (LM), bukan perhiasan. LM adalah emas batangan murni standar 99,99%; produksi BUMN PT Aneka Tambang (ANTAM). Setiap LM memiliki sertifikat resmi, menjamin keaslian, yang dikeluarkan oleh ANTAM.

Karena bentuknya dan kwalitasnya yang standard, harga emas batangan LM menjadi standard. Setiap hari harganya dipublikasikan oleh ANTAM yang menjadi dasar jual – beli di pasar. Kemungkinan pemalsuan juga lebih kecil dengan adanya sertifikat resmi. Tidak ada pula tambahan ongkos pembuatan, yang umum di perhiasan, sewaktu membeli LM.

Dengan karakteristik seperti ini, LM menjadi cocok dijadikan investasi. Barangnya, standard, ada patokan harga dan mudah diperjualbelikan.

Perhiasan bukannya tidak bisa dijadikan investasi. Bisa saja. Namun, harga perhiasan tidak punya patokan resmi. Bentuknya yang customized membuat penilaiannya menjadi subjektif. Alhasil, harga amat tergantung negosiasi dengan toko emas. Lagipula, ada tambahan biaya berupa ongkos pembuatan perhiasan yang lazim diminta oleh toko emas. Ini akan mengurangi nilai investasi emas. Keabsahan perhiasan hanya bergantung pada surat yang dikeluarkan oleh toko emas, bukan oleh institusi dengan reputasi internasional, seperti ANTAM. Akibatnya, kemungkinan perhiasan dipalsukan menjadi lebih besar.

Ini alasan – alasan kenapa perhiasan sebaiknya tidak dipilih sebagai investasi di emas.

Lokasi Toko yang Menjual LM

Dimana membeli LM? Tidak semua toko emas menjual LM. Bahkan, di toko yang menjual pun, harganya bisa lebih mahal dari harga standard yang dikeluarkan oleh ANTAM sebagai produsen LM.

Paling mudah adalah mendatangi pusat penjualan LM di kantor ANTAM di kawasan pulo gadung Jakarta. Disini ANTAM membuka diri untuk menerima pembelian LM secara retail. Harganya sudah pasti harga standard LM. Detil cara pembelian dijelaskan dengan rinci dalam situs www.logammulia.com milik ANTAM.

Namun lokasinya yang cukup jauh dari kantor dan rumah membuat saya tidak pernah membeli di kantor ANTAM. Agak merepotkan harus pulang pergi dengan jarak yang cukup jauh membawa barang berharga.

Alternatif lain adalah membeli LM di kawasan pedagang emas, seperti Cikini dan Blok M. Namun, sebelum membeli di kawasan penjual emas ini, harus hati – hati memastikan harga LM. Dari pengalaman survei ke toko – toko emas, saya menemukan banyak toko yang menjual LM diatas harga referensi ANTAM yang tercantum di situs.

Makanya, sebelum beli, ada baik nya terlebih dahulu melihat harga LM terkini di situs sebagai referensi.

Setelah mencari di banyak toko dan hampir putus asa, akhirnya saya menemukan satu toko yang menawarkan harga LM sama persis dengan harga di situs ANTAM. Awalnya tidak percaya, harganya bisa mengikuti ANTAM. Tetapi, setelah beberapa kali membeli di toko ini dan selalu diberikan harga sama dengan ANTAM, baru yakin.

Nama tokonya, Toko Emas Ibukota yang berlokasi di kawasan pedagang emas Cikini. Lokasinya persis di sebelah bangunan pasar Cikini. Bukan di dalam pasar, tetapi diluarnya. Selain harga yang mengikuti ANTAM, toko ini tidak terlalu ramai dan memiliki ketersediaan LM dalam berbagai ukuran.

Ada toko lain. Toko emas Kaliem di Melawai Plaza. Tokonya lumayan besar, mungkin salah satu yang terbesar. Harga LM disini sedikit lebih mahal dibandingkan harga ANTAM. Namun, lokasi yang lebih dekat ke kantor membuatnya jadi pilihan. Di kawasan Blok M, toko ini yang menawarkan harga LM paling bersaing.

Saat membeli emas, pastikan sertifikat ANTAM terlampir bersama dengan LM dalam satu kemasan. Kode yang di grafir diatas LM harus sama dengan kode di sertifikat. Sertifikat adalah bukti keotentikan LM.

Masih tidak percaya keaslian LM yang dibeli? Bisa datang ke kantor ANTAM dan minta dilakukan pengecekan atas LM yang sudah dibeli. ANTAM menyediakan layanan tersebut. Meskipun, kemungkinan pemalsuan LM yang dibeli di toko emas relatif kecil, tapi lebih baik berjaga – jaga. Apalagi, jika anda melakukan pembelian emas secara rutin dan jumlah emas yang dimiliki sudah semakin banyak.

Perlu diperhatikan, harga emas per gram lebih murah dalam ukuran batangan yang besar. Harga emas per gram ukuran LM 10 gram lebih murah dari ukuran LM batangan 5 gram atau 3 gram. Oleh karena itu, pembelian sebaiknya tidak dalam ukuran kecil. Jika uangnya masih kurang, sebaiknya ditabung dulu, sampai terkumpul. Kemudian baru dibelikan LM dalam ukuran batangan yang besar.

Penyimpanan Emas

Menyimpan emas sebaiknya di Safe Deposit Box (SDB). Yang aman, sewa SDB di bank. Jelas lebih aman dibandingkan disimpan di rumah.

Harga sewa ditentukan berdasarkan ukuran SDB. Ada ukuran kecil, sedang dan besar. Karena emas batangan relatif kecil, SDB kecil sudah memadai.

Pengalaman menyewa SDB ukuran kecil dengan rincian biaya sewa:

Biaya jaminan kunci sebesar Rp 600,000. Dibayar sekali diawal dan bisa ditarik kembali jika masa sewa selesai. Namun, jika kunci hilang, uang jaminan hangus. Biaya sewa sebesar 500 ribu dibayar setiap tahun. Biaya sewa ini naik dari sebelumnya 450 ribu. Biaya sewa hampir pasti naik setiap tahun, meskipun kenaikkannya relatif kecil.

Sebaiknya pilih SDB di lokasi bank yang berdekatan dengan tempat pembelian emas. Dengan begini, LM yang dibeli bisa langsung disimpan di SDB. Mengurangi risiko kehilangan atau kecuriaan jika harus dibawa pulang dulu ke rumah.

Langkah terakhir, mulailah se-segera mungkin. Jangan tunggu sampai uang anda banyak baru mulai investasi LM.

Selamat berinvestasi emas!

Sumber: Duwitmu

About Unknown

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply