Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Pasang Stiker Di Pijakan Pintu Mobil, Lebih Awet Enggak Gampang Lecet
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


JAKARTA - Selain coakan di balik hendel pintu mobil, ada bagian lain yang juga perlu diberi pelindung stiker agar terhindar dari lecet. Yaitu door step, pelat di bagian bawah yang selalu dilewati saat masuk dan keluar mobil. Permukaannya bisa lecet akibat kegesek alas kaki (sandal atau sepatu) yang telapak bawahnya penuh kerikil atau serpihan kasar. Ini bisa menimbulkan kesan jorok, terlebih jika dia orang punya mobil mewah.

Paling parah kalau kesenggol sepatu high heel yang dipakai kaum wanita, ada logamnya pula di ujung hak sepatunya. Kadang orang sudah hati-hati dengan kondisi alas kaki yang dipakainya, tetapi yang namanya tak disengaja, ya bisa saja terjadi. Misal sedang terburu-buru.

Biasanya bagian ini diberi lapisan tambahan dari bahan plastik ABS yang akrab disebut door seal plate. Ini memang opsional dari masing-masing kendaraan. Namun bagi yang door step-nya masih ‘telanjang' alias belum dilapisi, bisa pula memberi stiker transparan, sehingga warna aslinya tetap terlihat.

Deny yang sudah lengket dengan stiker sejak 1990-an dan sering terima order untuk mobil balap, mengaku pasang stiker di door step itu buat fashion. Makanya ada yang minta stiker motif karbon. Tetapi kalau untuk perlindungan dari lecet disarankan pakai stiker clear.

"Kalau mau warna lain sih bisa saja, itu kan tergantung selera, seperti abu-abu transparan," ujar Akso, tukang pasang stiker untuk kendaraan yang mangkal di kawasan Rawa Belong, Jakbar.

Untuk pemasangan, mudah, tetapi lebih baik bawa ke ahlinya yang lebih mengerti soal bahan stiker maupun pengerjaannya. Sebelum ditempel, permukaan door step dibersihkan, lalu stiker diukur sesuai berapa banyak yang diperlukan, karena permukaan door step mobil berbeda.

Gunakan hair dryer atau korek api gas untuk memberi sedikit efek panas pada stiker, agar mudah dibentuk saat menemui lekukan di permukaan pelat sambil diratakan permukaan stikernya. Beres, door step pun terlihat cantik dan catnya tak akan lecet akibat tergores alas kaki.


Ongkos pemasangan ini bervariasi, tergantung bahan stiker dan tingkat kesulitannya. Seperti Akso yang menggunakan stiker merek Seicho-Fix, harga yang dipatok Rp 20-30 ribu untuk satu door step. "Kalau stiker merek Oracal bisa sampai Rp 200 ribuan, sebab bahannya lebih tebal," timpal Deny, tukang pasang stiker panggilan yang pernah menempel stiker di door step buat mobil-mobil mewah seperti Mercy dan Alphard.

Mengenai kekuatan, tidak bisa ditentukan. Misal di bagian yang ditempel itu sering kena air dan angin, kan lama-lama bisa tidak awet. Tetapi stikernya sendiri rata-rata tahan satu tahun. Yuk pasang stiker, biar permukaan door step lebih awet.

Sumber 

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar

  1. saya pake stiker skotlet untuk body cap depan yang tebal. ukuran 50x50cm hanya 45.000 kita ukur sendiri ke mobil,. awet

    BalasHapus