Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » 1.800 Fosil Kura-kura Ditemukan di "Kuburan Massal"
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Livescience 
Fosil kura-kura purba yang ditemukan di "kuburan massal" kura-kura di dekat Provinsi Xinjiaang, China.

BEIJING, KOMPAS.com - China kaya akan peninggalan arkeologi dan palaentologi. Ilmuwan baru-baru ini menemukan kuburan massal kura-kura purba di barat laut provinsi Xinjiang. Sejumlah 1.800 fosil kura-kura ditemukan di satu wilayah dengan kondisi saling bertumpukan.

Pastinya, tak ada yang sengaja mengubur kura-kura itu. Sekitar 160 juta tahun silam pada musim yang sangat kering, kura-kura yang terkubur itu sedang berkumpul di satu-satunya sumber air, menunggu hujan yang datang terlambat. Saat sumber air kering, semua kura-kura mati.

Hujan yang kemudian datang justru menjadi katastropi. Hujan membawa lumpur dan membawa mayat-mayat kura-kura, mengumpulkannya di satu tempat. Demikianlah kuburan massal itu tercipta dan mengawetkan kura-kura menjadi fosil.

Kura-kura yang ditemukan memiliki ukuran cangkang sekitar 20 cm. Di zona kuburan massal yang paling padat, para arkeolog mengatakan, ditemukan hingga 36 fosil individu kura-kura per 1 meter persegi.

"Tempat itu mungkin memiliki dua kali lipat jumlah individu kura-kura masa Jurrasic yang diketahui hingga kini," kata Walter Joyce, pakar fosil kura-kura dari University of Tubingen di Jerman, seperti dikutip Livescience, Rabu (31/10/2012).

Bagi para palaentolog, sangat sulit untuk mengungkap fosil individu satu dengan yang lain. "Dengan data dari tempat ini, kami akhirnya bisa melihat pola keragaman kura-kura di masa Jurrasic di Asia.," jelas Joyce.

Hasil riset dipublikasikan di jurnal terbitan Jerman, Naturwissenschaften.

Sumber

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply