Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Lakukan Ini Agar Mata Terhindar dari Kelelahan karena Penggunaan Gadget
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Oleh Linda Mayasari - detikHealth

ilustrasi - gadgetan.com

Jakarta, Baik itu soal pekerjaan maupun hanya kebutuhan gaya-gayaan semata, kini banyak orang yang bergantung pada teknologi layar atau gadget. Kebanyakan orang akan berjibaku di depan layar komputer, komputer tablet atau smartphone selama berjam-jam, yang tanpa sadar hal ini dapat merusak penglihatannya.

Sebuah penelitian terbaru di Australia menyatakan bahwa hampir 60 persen warga Australia menghabiskan waktu sampai 8 jam sehari melihat layar komputer. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan pada mata dan meningkatkan kasus gangguan penglihatan seperti mata minus.

Jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di depan komputer, redupkan pencahayaan layar komputer untuk membantu meminimalkan kelelahan mata. Para ahli telah menyarankan untuk menggunakan pencahayaan layar yang lebih redup dan tidak menempatkan komputer di dekat jendela agar tidak terlalu silau.

Sebuah studi dari SUNY State College of Optometry di New York menemukan bahwa para pengguna smartphone biasanya memegang gadgetnya terlalu dekat ke wajah dan bahkan lebih dekat daripada saat memegang sebuah buku. Hal ini memaksa mata untuk bekerja lebih keras dalam membaca.

Seperti dilansir medindia, Kamis (29/11/2012) cegah mata lelah karena penggunaan gadget dengan cara ini:

1. Untuk meminimalkan ketegangan pada mata, gunakan font yang mudah dibaca, misalnya verdana dengan ukuran font 12 untuk semua perangkat seperti smartphone, komputer tablet, atau laptop.

2. Menghabiskan waktu lebih dari dua jam sehari di depan komputer tablet juga dapat menyebabkan tekanan pada leher, bahu, lengan dan tangan, sehingga para ahli menyarankan untuk menggunakan komputer atau laptop untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang cukup lama.

3. Atur warna teks agar lebih gelap daripada warna latarnya agar tidak menyebabkan kelelahan pada mata ketika membaca.

4. Cahaya yang terang dan gerakan tajam dalam video game memaksa mata Anda untuk terus-menerus fokus hingga menyebabkan kelelahan mata. Oleh karena itu, jangan berlama-lama main game dengan gadget Anda.

5. Memandang ke kejauhan selama 10 detik setiap 10 menit melihat layar, menggunakan pelindung layar yang anti-silau, lebih sering berkedip dan jangan memposisikan layar gadget sejajar dengan mata agar mata tidak mudah lelah. (nvt/nvt)

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply