Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » 7 Obat Herbal, Ampuh dan Murah Untuk Mengatasi Penyakit Ringan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Obat herbal dipercaya secara turun temurun berdasarkan resep nenek moyang, adat istiadat dan kepercayaan serta kebiasaan suatu daerah. Sifatnya 'magic' maupun berdasarkan pengetahuan tradisional.

Uniknya, menurut penelitian, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, kini gencar digunakan oleh masyarakat karena memang harganya terjangkau dan memberikan khasiat yang bagus.

Selain itu, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa obat herbal ini memiliki efek samping yang lebih kecil, sehingga aman dicerna oleh tubuh.

Berikut adalah beberapa resep obat herbal yang dapat membantu mengatasi beberapa penyakit ringan sehari-hari.

7 Manfaat Kunyit Mulai Menyembuhkan Jerawat Hingga Mencegah Tumor

Courtesy ShutterStock.com

Disebut kunyit atau juga kunir, tanaman yang memiliki nama latin Curcuma longa ini adalah salah satu tanaman rempah dan obat yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hampir setiap orang di Indonesia mengenal dengan baik apa itu kunyit. Dalam kesehariannya, rempah satu ini menjadi pelengkap bumbu masakan serta jamu yang menjaga kesehatan dan kecantikan.

Adalah senyawa kimia yang terkandung dalam kunyit, disebut dengan kurkumin yang punya banyak khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

Mengatasi bau amis saat menstruasi

Kunyit asam biasanya dianjurkan diminum mereka yang sedang mengalami menstruasi. Ternyata kunyit ini dapat melancarkan menstruasi serta mengatasi bau amis saat haid.

Meredakan sakit maag

Ramuan kunyit juga dapat meredakan penyakit maag serta problem pencernaan lain. Kunyit sebagai agen yang dapat mencegah infeksi bakteri, akan membantu meredakan perih di lambung.

Menyembuhkan batuk

Apabila Anda sudah minum segala macam obat dan batuk tak kunjung sembuh, maka seduh saja kunyit yang direbus bersama jahe serta gula merah. Diminum sehari sekali setelah makan hingga penyakit batuk Anda mereda dan sembuh.

Menyembuhkan amandel

Problem tenggorokan satu ini ternyata berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Apabila dibiarkan, maka tubuh juga akan terganggu kenyamanannya. Untuk itu, konsumsi kunyit yang sudah dihaluskan diambil airnya, campurkan dengan jeruk nipis serta madu. Minum setiap hari sekali dan amandel akan cenderung kempes.

Menghambat pertumbuhan tumor

Kunyit putih memiliki manfaat menghambat pertumbuhan tumor dan sel kanker. Dikonsumsi setiap hari, dan dianjurkan untuk mengurangi menu makanan yang berlemak.

Menyembuhkan jerawat

Khasiat kecantikan kunyit selain menghaluskan dan memutihkan kulit adalah menyembuhkan jerawat. Baik diaplikasikan sebagai masker maupun diminum, jerawat akan niscaya kering dan hilang.

Memperlancar ASI

Kunyit juga disebutkan dapat memperlancar ASI. Namun, dianjurkan agar ibu mengonsumsi kunyit yang dibuat sendiri saja dan bukan minuman instant. Kandungan pengawet dan pewarnanya bisa berbahaya bagi si kecil.

Mari kembali ke alam dan menikmati kebaikan alam untuk memelihara kecantikan dan kesehatan.

9 Manfaat Air Kelapa Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Courtesy ShutterStock.com

Air kelapa memiliki manfaat luar biasa menyegarkan dan bergizi. Produk alam ini memang meremajakan tubuh dan kulit dari dalam keluar. Dan setelah diungkap oleh penelitian ada manfaat lain dari air kelapa yang wajib Anda tahu.

Dijadikan ekstrak maupun diminum langsung, air kelapa saat ini menjadi komoditas yang populer di Amerika Serikat dan Eropa, karena manfaat berikut ini:

Anti Aging

Air kelapa mengandung zat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas sehingga membantu memperlambat proses penuaan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Efek ini membuat Anda kebal terhadap beberapa penyakit ringan.

Membantu meningkatkan metabolisme

Minumlah air kelapa secara teratur agar membantu meningkatkan metabolisme Anda. Hal ini juga sekaligus meningkatkan energi yang membuat tubuh membakar lemak jauh lebih cepat. Soal pencernaan, air kelapa akan membantu penyerapan makanan lebih maksimal dan mencegah terjadinya refluks asam.

Membantu melembabkan dan meremajakan tubuh

Air kelapa mengandung 94% air dan sebenarnya sangat rendah kalori. Air kelapa juga bebas lemak dan rendah gula, menjadi minuman yang menyediakan vitamin, potasium, serta enzim dan asam amino.

Membantu menurunkan berat badan

Minum air kelapa secara teratur dapat membantu Anda mengisi kelembaban tubuh serta meningkatkan metabolisme tubuh. Memberikan efek positif terutama untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Minuman sehat ini tidak mengandung bahan kimia, dan telah digunakan selama berabad-abad sebagai minuman bergizi dan sehat.

Air kelapa rendah lemak, gula dan kalori, sehingga membantu menekan rasa lapar akut dan membuat Anda menurunkan berat badan.

Membantu mengeluarkan racun

Bagi pencernaan, air kelapa dapat membersihkan tubuh dari racun dan menghilangkan kelelahan. Inilah sebabnya saat Anda keracunan atau alergi, Anda disarankan minum air kelapa muda.

Sumber vitamin dan nutrisi

Air kelapa merupakan sumber alami vitamin dan nutrisi seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, vitamin C dan vitamin B.

Bermanfaat untuk otot dan sistem syaraf

Air kelapa membantu mencegah kejang dan kram pada otot, membantu meningkatkan fungsi sistem syaraf Anda.

Membantu menyembuhkan mabuk

Air kelapa mencegah mabuk darat, laut dan udara, yang akan meringankan kondisi mual dan membuat perut jadi normal.

Air kelapa baik untuk kulit

Sebenarnya, air kelapa juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Setelah Anda meminumnya, secara topikal air ini akan membantu melembabkan dan melembutkan kulit Anda. Ia juga membantu membersihkan noda jerawat.

Obat Alami Kalau Keracunan Makanan

Courtesy ShutterStock.com

Walaupun makan di restaurant terkenal, tidak menjamin makanannya selalu higienis dan aman dimakan. Terkadang makanan yang masuk ke dalam perut bercampur dan menunjukkan reaksi alergi yang membuat tubuh Anda keracunan.

Makanan yang kurang higienis juga dapat menyebabkan Anda keracunan, terutama apabila usia makanannya sudah terlalu lama dan mendekati tanggal expired bahkan mungkin sudah kadaluarsa.

Untuk mengobati keracunan ringan karena makanan, nenek moyang memberikan beberapa resep alami, seperti dilansir Boldsky berikut ini:

Jahe

Obat alami terbaik untuk mengobati keracunan makanan adalah jahe. Rimpang yang rasanya pedas ini mengandung antibiotik alami yang akan membuat perut jadi kembali normal.

Caranya adalah dengan mencampurkan irisan jahe tipis ke dalam seduhan teh atau mencampurkan parutan jahe ke dalam makanan Anda.

Jeruk lemon

Anda perlu menyimpan jeruk lemon di dalam lemari es untuk dicampurkan ke dalam minuman Anda. Lemon memiliki jenis asam yang dapat membunuh bakteri jahat di perut.

Kemangi

Kemangi memiliki efek mendinginkan serta mengatasi infeksi pencernaan. Ambil saja beberapa lembar kemangi kemudian masukkan ke dalam menu masakan Anda, atau dicampurkan dalam sambal serta lalapan.

Kemangi dapat membantu membunuh bakteri jahat di dalam perut. Tetapi, sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan karena dapat menurunkan tekanan darah.

Peppermint

Mirip seperti kemangi, daun yang satu ini rasanya pedas dan segar. Dicampurkan di dalam minuman misalnya jus atau teh, peppermint dapat menjadi obat infeksi perut yang disebabkan karena keracunan makanan.

Delima

Di jaman dahulu, nenek moyang menanam delima baik putih maupun merah untuk pengobatan alami. Delima merah sendiri dapat mengatasi diare yang disebabkan keracunan makanan.

Gula palem

Ada kalanya, gula palem lebih baik daripada jenis gula lainnya. Gula palem ini dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh keracunan makanan. Selain itu, gula palem juga menyediakan banyak energi yang sempat hilang selama Anda keracunan.

Yogurt

Yogurt yang creamy adalah antiseptik terbaik untuk perut yang terserang bakteri jahat. Pencernaan dapat diselamatkan dengan bertambahnya bakteri baik yang diperoleh saat mengonsumsi yogurt.

Lidah buaya

Jus lidah buaya selain kaya akan vitamin E, juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun akibat makanan ini akan dibawa keluar dari tubuh, kemudian bagian yang infeksi disembuhkan lewat jus lidah buaya.

Cuka apel

Sekalipun Anda memiliki penyakit maag, Anda tidak perlu khawatir, karena cuka apel ramah untuk penderita maag. Cuka apel ini apabila diseduh dengan air hangat, akan membantu menyembuhkan maag serta problem pencernaan lainnya, termasuk infeksi perut.

Sediakan saja makanan di atas selalu di rumah Anda, sehingga saat Anda atau anggota keluarga mengalami keracunan ringan akibat makanan, bisa segera diberi pertolongan pertama.

Mengenal Lada Hitam Yang Kaya Manfaat

Courtesy ShutterStock.com

Lada hitam tak terlalu populer digunakan sebagai bumbu dalam masakan di Indonesia. Namanya jauh lebih populer ditemukan pada menu-menu kontinental, di mana rasa pedasnya ternyata tak hanya sekedar perasa saja.

Lada hitam digunakan sebagai bumbu masakan karena punya banyak khasiat kesehatan dan manfaat baik bagi tubuh dan kecantikan. Mungkin Anda tak banyak tahu akan khasiatnya, tetapi mulai kini Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu bumbu menu masakan Anda, setelah membaca beberapa fakta kesehatan lada hitam berikut ini.

Dikutip dari Boldsky.com, lada hitam ampuh untuk:

Mencegah kanker

Studi di Michigan Cancer Center mengatakan bahwa lada hitam memberikan reaksi baik bagi penyembuhan kanker payudara. Di dalamnya ditemukan zat yang disebut piperine dan fungsinya membantu mencegah perkembangan sel kanker payudara.

Selain itu, lada hitam juga mengandung vitamin C, vitamin A dan flavonoid serta karoten dan aneka antioksidan lain yang akan membantu mengatasi radikal bebas pada tubuh.

Mengatasi problem pencernaan

Problem pencernaan yang kerap dialami sehari-hari seperti kembung, susah buang air besar, diare, atau mual bisa diatasi dengan mengonsumsi lada hitam. Cukup dicampurkan sedikit saja sebagai bumbu dalam masakan, ia akan membantu meredakan problem pencernaan dalam waktu yang cukup singkat.

Penurunan berat badan

Siapa sangka bahwa lada hitam juga dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, adalah phytonutrient yang ada di dalam lada hitam yang membantu menghancurkan sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh.

Mencegah jerawat

Lada hitam dapat dijadikan masker alami yang ampuh mengatasi berbagai problem kulit. Sebagai scrub, ia mampu mengenyahkan sisa-sisa sel kulit mati, memperlancar jalan oksigen di dalam kulit, menutrisi kulit serta berlaku sebagai antibakteri penyebab jerawat.

Mengurangi ketombe

Sifatnya yang antibakteri dan anti peradangan dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit kepala. Inilah sebabnya ia juga ampuh mencegah pertumbuhan ketombe yang sangat mengganggu dan memberikan rasa gatal berlebihan pada kepala.

Membantu penyembuhan demam dan flu

Sedang merasa demam dan flu? Sediakan semangkuk sup hangat yang ditaburi dengan lada hitam. Makan selagi hangat dan tidur dengan lebih nyenyak. Bumbu yang satu ini dapat melegakan hidung dan tenggorokan, serta membuat tubuh lebih rileks dan tidur nyenyak.

Sedemikian banyak manfaat lada hitam bagi kesehatan dan kecantikan. Tak ada ruginya deh kalau Anda menyediakannya dan menggunakannya sebagai bumbu masakan di rumah.

Air Kangen Ampuh Untuk Berbagai Jenis Penyakit

Courtesy ShutterStock.com

Pernah membaca informasi tentang air Kangen atau Kangen water? Air ini ternyata sudah cukup populer dan banyak yang memberikan kesaksian bahwa ia manjur membantu pengobatan beberapa penyakit.

Dikutip dari website InfoAirKangen.com, diceritakan bahwa air ini mengandung Hydrogen Aktif atau Air Basa. Karakternya mirip dengan air zamzam yang membantu penyembuhan.

Air Kangen mengandung antioksidan tinggi, memiliki micro cluster kecil serta mempunyai pH basa yang diperlukan tubuh manusia.

Nama Kangen sendiri sebenarnya merupakan istilah serapan dari bahasa Jepang, dengan pengucapan 'khanggeng'. Artinya kembali ke awal atau kembali ke alam. Kabarnya mengonsumsi air Kangen ini akan memberikan dampak kesehatan yang baik, sistem metabolisme yang baik sehingga tubuh dapat menyembuhkan diri dari segala macam penyakit.

AIr ini diperoleh dengan mesin pengolah aiar yang merupakan alat kedokteran dengan seri Leveluk SD501. Mesin ini sendiri diproduksi oleh Enagic, sebuah perusahaan besar di Jepang.

Setelah melakukan riset sehak tahun 1965, akhirnya Enagic berhasil memproduksi mesin yang juga sempat menerima penghargaan dan sertifikasi ini.

Apa saja sih manfaat air Kangen?

Ada beberapa jenis air Kangen yang memberikan manfaat berbeda-beda.

Strong Kangen Water

Memiliki pH 11,0 dan tidak untuk diminum. Air Kangen yang satu ini biasa digunakan sebagai pembersih yang ampuh untuk membantu membersihkan dapur, talenan, menghilangkan noda membandel pada peralatan makan, membersihkan toilet serta boleh digunakan untuk mencuci piring.

Kangen Water pH 8,5 - 9,5

Adalah air Kangen yang boleh digunakan untuk memasak dan juga minum. Apabila dipakai untuk membuat teh atau kopi, aromanya akan jauh lebih harum. Dan bila digunakan untuk memasak nasi, nasi jadi tidak mudah basi.

Neutral Kangen Water, pH 7,0

Neutral di sini artinya bebas dari klorin, karat dan tidak keruh. Airnya sangat enak diminum dan dapat digunakan untuk minum obat yang akan membantu penyerapan obat dengan maksimal pada tubuh. Bahkan, aman untuk dikonsumsi bayi.

Acidic Water, pH 4,0 - 6,0

Air Kangen yang satu ini tidak untuk diminum, namun ia biasa dipakai untuk memperhalus kulit dan merawat kulit. Disebut juga sebagai Beauty Water, air ini dapat memperhalus, mencerahkan kulit, serta menyehatkan rambut.

Strong Acidic Water, pH 2,7

Air Kangen dengan pH rendah ini dapat membantu membunuh kuman, sehingga cocok untuk digunakan membersihkan lantai kamar mandi, membersihkan alat-alat rumah tangga serta menghilangkan bercak dan kotoran lain.

Adalah dr. Andhyka Sedyawan yang mempopulerkan air Kangen di Indonesia dan memberikan presentasi produk. Soal khasiatnya sendiri, beberapa konsumen yang pernah mencoba memberikan testimoni positif. Namun, hingga kini belum ada tanggapan dari ilmuwan lain soal keampuhannya.

Apakah Anda berminat mencobanya?

5 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Courtesy ShutterStock.com

Kami sempat membahas bagaimana manfaat cuka apel untuk merawat rambut dan juga sebagai masker wajah. Bahkan, cuka apel ini juga ampuh untuk membantu menurunkan berat badan.

Dikutip dari Webmd, sejak ribuan tahun lalu, cuka apel digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Kabarnya sih dengan mengonsumsi cuka apel, nafsu makan dapat dikontrol dengan baik dan jadi tidak cepat lapar. Di 2005 silam, dilakukan penelitian terhadap 12 orang dan terbukti mereka memang lebih dapat mengontrol nafsu makan yang mempengaruhi berat badan.

Penelitian tentang cuka apel inipun terus berlanjut, dan ditemukanlah manfaat-manfaat baru yang bisa menjadi alternatif bagi Anda dalam hal kesehatan.

Cuka apel meredakan diare

Cuka apel apabila dicampur dengan air putih dan diminum akan membantu membunuh bakteri penyebab diare di dalam perut. Ia juga antibiotik alami yang aman dikonsumsi sehari-hari.

Cuka apel menghentikan cegukan

Kalau minum air putih tak juga meredakan cegukan, ambil satu sendok teh cuka apel kemudian minum. Rasanya mungkin asam, tetapi ia akan menghentikan cegukan dalam waktu yang sangat singkat.

Cuka apel melancarkan pencernaan

Seduh 1 sdt cuka apel dengan 1 sdt madu dengan air hangat. Kemudian minum setidaknya 30 menit sebelum makan. Ramuan ini akan membantu melancarkan pencernaan Anda.

Cuka apel melegakan hidung tersumbat

Sedang pilek dan merasa pusing karena hidung tersumbat? Seduh 1 sdt cuka apel dengan segelas air putih dan segera minum. Perlahan Anda akan merasa hidung lebih plong dan tidak tersumbat lagi.

Cuka apel meredakan sakit tenggorokan

Apabila Anda merasa tenggorokan sedang tidak nyaman, dan sakit saat hendak menelan, ambil cuka apel dan buat ramuan berikut.

Masukkan 1 sdm cuka apel ke dalam 1 cangkir air hangat kemudian berkumurlah setidaknya 1 jam sekali. Cara ini akan membantu meredakan sakit tenggorokan serta mengatasi bakteri yang merugikan penyebab sakit tenggorokan.

Fermentasi buah apel asli ini punya banyak manfaat dan harganya cukup murah lho. Tak harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati manfaat perawatannya.

Wah, Nanas Kabarnya Bisa Jadi Obat Diabetes

Courtesy ShutterStock.com

Jangan biarkan diabetes menimbun harapan Anda. Karena ada penemuan baru bagi penderita diabetes, sebagaimana dinyatakan doktor Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Debie Dahlia, bahwa pemberian bromelin topikal dari buah nanas yang memiliki efek penyembuhan pada tikus dengan perlukaan diabetes mellitus (DM).

Pernyataan Dahlia ini hasil penelitian pertama di Indonesia dan bahkan di dunia ini berhasil mengantarkan dirinya menjadi doktor ke-10 yang lulus dari program Doktoral FIK UI dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,71.

"Bromelin adalah enzim protease dari tanaman nanas yang telah dibuktikan baik in vitro dan in vivo efektif sebagai anti inflamasi dan imunomodulator," kata dia, di Depok, Selasa.

Dalam disertasi berjudul Efektivitas Bromelain Topikal Pada Penyembuhan Luka Tikus Diabetikum Tinjauan Khusus Terhadap Ekspresi MMP-9, TIMP-1, TGF Pada Fase Inflamasi, Proliferasi dan Maturasi, dia ingin mengetahui efektifitas bromelin topikal pada luka tikus diabetes dan pengaruhnya terhadap ekspresi MMP-9, TIMP-1 dan TGF selama fase peradangan, proliferasi dan maturasi.

"Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian rancangan pasca kendali uji secara acak dengan menggunakan hewan coba tikus sprague dawley," katanya.

Hasil penelitiannya, diketahui terjadi perbedaan bermakna laju penyembuhan luka antara kelompok kontrol DM dengan kelompok perlakuan bromelin topikal dan bromelain standar. Dengan kata lain, pemberian bromelin topikal memiliki efek penyembuhan pada tikus dengan perlukaan DM.

Sementara itu Kepala Kantor Komunikasi Uiniversitas Indonesia, Farida Haryoko, mengatakan, selain menjadi staf pengajar di Kelompok Keilmuan Medikal Bedah, Dahlia juga menjabat sebagai manajer ventura FIK UI serta aktif melakukan kegiatan penelitian khususnya bidang ilmu Keperawatan.(vem/bee)

Sumber: Vemale

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply