Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Apa itu jaringan komputer?
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Jaringan Komputer WAN (http://www.golekilmu.com)

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang menggarisbawahi sebuah komputer dan berbagai peralatan lainnya. Kabel, HUB, router, serta switch merupaka beberapa peralatan jaringan komputer yang memiliki sistem kerja bersama-sama dalam rangka mencapai sebuah tujuan sesuai dengan perintah pengguna. Secara umum, Anda akan melihat tujuan jaringan komputer sebagai berikut:

  • Melakukan akses informasi seperti kegiatan browsing
  • Melakukan akses komunikasi seperti yahoo messanger, chatting, atau instant messaging lainnya
  • Melakukan pembagian daya ke beberapa pemakaian seperti RAM, harddisk, printer, serta CPU
Untuk mencapai sebuah tujuan, proses yang ada di dalam jaringan komputer terbagi menjadi dua bagian yaitu pihak jaringan yang meminta serta pihak jaringan yang memberikan layanan. Pihak yang meminta atau client merupakan jaringan yang meminta layanan dari si pemberi atau server. Konektivitas client-server yang baik akan memberikan dampak maksimal terhadap pencapaian sebuah tujuan kerja. Sistem ini juga digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Pengertian jaringan komputer – Klasifikasi dan jenis

  • Local Area Network (LAN)
  • Personal Area Network (PAN)
  • Campus Area Network (CAN)
  • Wide Area Network (WAN)
  • Metropolitan Area Network (MAN)
  • Global Area Network (GAN)
6 macam jaringan di atas merupakan klasifikasi dari jaringan komputer. Sedangkan menurut fungsinya, jaringan komputer dibagi ke dalam dua macam yaitu sebagai berikut:

Client-server

Seperti telah disebutkan di atas bahwa jaringan ini merupakan jaringan yang paling umum digunakan. Ini adalah sebuah layanan yang bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Sebagai contoh, Anda melihat www.detik .com yang merupakan sebuah domain dengan layanan banyak komputer web server. Sedangkan, laynanan lain yang diberikan hanya dari satu komputer adalah server jtk.polban.ac.id. Server tersebut merupakan sebuah komputer dengan servis yang mencakup banyak hal seperti web server, file server, database server, dan mail server.

Peer-to-peer

Inti dari peer-to-peer adalah setiap host dapat menjadi client dan dapat pula menjadi server secara bersamaan. Sebagai contoh ketika ada sharing file dari beberapa komputer, sebuah komputer bisa saja mengakses data dari komputer A dan kemudian dia memberikan data tersebut kepada komputer C. Perannya dalam mengakses data di komputer A dinamakan sebagai client, dan peran kedua dalam memberikan data ke komputer B dinamakan sebagai server. Jadi, komputer tersebut bisa berperan menjadi client dan server dalam satu waktu.

Itulah sepenggal pengertian jaringan komputer yang semoga dapat memberikan pengetahuan luas kepada Anda.

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply