Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Empat Cara Proteksi Internet dari Router untuk Menjaga Anak-Anak dari Dampak Negatif Internet
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Anda sedang menonton film di Netflix dengan pasangan, namun tiba-tiba koneksi internet jadi lambat dan menghentikan film yang sedang Anda tonton. Apa yang menyebabkan hal ini? Mengapa koneksi internet yang tadinya berlari cepat, tiba-tiba jadi merangkak? Nah, jika Anda memiliki anak-anak dengan perangkat mobile, laptop atau komputer di kamar tidur mereka, maka Anda mungkin menghadapi sedikit krisis bandwidth, Anda perlu tahu cara proteksi Internet. Ini juga bisa berguna untuk menghindari dampak negatif internet untuk anak Anda.

Kemungkinannya, anak-anak Anda mungkin sedang streaming video YouTube atau musik, dan meninggalkan sedikit bandwidth yang tersisa untuk streaming fil Anda. Jadi, apa solusi untuk kekurangan bandwidth ini? Bagaimana Anda memastikan bahwa anak-anak Anda benar-benar di kamar tidurnya di malam sekolah, dan tidak begadang semalaman dengan streaming video di internet dan menghindari dampak negatif internet

Ada banyak hal yang mungkin dapat Anda lakukan pada perangkat tersebut untuk memantau ponsel anak-anak Anda, tablet atau komputernya. Dengan melakukan ini, Anda berada di garis tipis antara memantau dan memata-matai mereka. Salah satu solusinya adalah mengelola penggunaan internet di rumah tepat pada sumbernya, yaitu router itu sendiri. 

Mengelola Penggunaan Internet Rumah 

Untungnya, ada segala macam cara bahwa Anda dapat menggunakan router untuk memantau lalu lintas jaringan dari dan ke internet, memblokir lalu lintas selama waktu atau tanggal tertentu, bahkan memberikan prioritas yang lebih tinggi untuk perangkat pada jaringan yang lebih penting bagi keluarga, terlepas berapa banyak orang yang mencoba untuk mengkonsumsi bandwidth. Ketahui cara memantau lalu lintas dan penggunaan pada tingkat router adalah penting, terutama dengan keluarga yang menggunakan banyak bandwidth. 

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam skenario yang telah dijelaskan di atas adalah memberikan prioritas tertinggi pada sistem hiburan di rumah Anda untuk bandwidth dari dan ke internet. Hal ini dikenal sebagai Quality of Service (QoS). Setiap router yang Anda gunakan akan memiliki pengaturan ini. Dalam kasus Linksys, Anda biasanya dapat menemukannya di bawah Applications & Gaming, di mana Anda akan melihat item menu untuk QoS.


Di bawah QoS, Anda harus mengaktifkan pengaturan. Internet Access Priority. Ini adalah di mana Anda dapat menetapkan prioritas koneksi ke perangkat. Biasanya, prioritas menengah ditugaskan untuk perangkat, sehingga bahkan perangkat tertentu membutuhkan banyak bandwidth, itu tidak akan mengirimkan perangkat lain yang terhubung dalam jaringan yang macet. Namun, jika Anda memiliki perangkat seperti streamer jaringan internet yang terus mengunci karena orang lain yang diam-diam menggunakan bandwidth Anda, maka atur prioritas perangkat di “High”. Ini bekerja cukup baik dan sangat memuaskan.

Mencatat Lalu Lintas Internet

Jika Anda penasaran tentang apa yang menggunakan bandwidth di jaringan rumah Anda, tidak perlu memasang peralatan pengawas pada setiap perangkat. Sebagian besar router menawarkan kemampuan untuk mencatat penggunaan internet – lalu lintas masuk dan keluar. Dalam router Linksys, opsi ini terletak di bagian Administration, di mana Anda akan menemukan item menu Log.




Hal yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan pencatatan. Berikan beberapa jam atau lebih, kemudian kembali ke router Anda dan klik pada tombol “View Log”. Linksys membagi file log ke dalam Incoming Log, Outgoing Log, Security Log dan DHCP Client Log. Biasanya, memeriksa log Outgoing akan memberitahu situs apa yang dikunjungi oleh anak-anak Anda.



Cukup cari alamat IP yang sesuai dengan komputer mereka dalam daftar, dan Anda dapat melihat URL tujuan atau alamat IP di sebelah kanan. Jika Anda hanya melihat alamat IP dan bukan URL web, jangan khawatir – cukup gunakan alat Reverse IP atau website untuk mencari nama domain. Ini mungkin adalah cara tercepat, termudah untuk cepat mendapatkan apa yang anak Anda lakukan pada jaringan yang memakan begitu banyak bandwidth. Kemungkinannya Anda mungkin akan melihat alamat IP yang mengirim ke YouTube, bahkan tujuan torrent. Setidaknya itu akan memberikan penjelasan – jauh lebih baik daripada Anda tidak tahu apa yang mencuri bandwidth Anda.

Blokir Penggunaan Internet dengan Jadwal

Router juga memberikan Anda kemampuan untuk memblokir penggunaan internet dari jaringan Anda pada jadwal yang ditetapkan. Misalnya, Anda bisa memblokir semua akses internet dari iPad dan laptop setelah jam 10 pada malam sekolah.
Tidak sulit untuk mengatur ini. Untuk router Linksys, pertama-tama Anda harus mengidentifikasi alamat MAC perangkat yang ingin Anda batasi. Anda dapat menemukannya di bawah menu Status, kemudian “Local Network”, lalu klik pada tombol “DHCP Client Table”.




Ini akan memunculkan daftar DHCP Client Table, yang menampilkan semua perangkat yang terhubung saat ini (baru terhubung) ke jaringan rumah Anda. Cari nama perangkat anak Anda, kemudian perhatikan nilai yang tercantum dalam kolom Address MAC. Perlu diingat bahwa tidak semua router sama, bahkan tidak semua model Linksys memiliki sistem menu yang sama – sehingga Anda mungkin perlu mencari menu tersebut pada router tertentu. Ada juga panduan online dan manual yang dapat membantu Anda menemukan fitur ini.

Setelah Anda menemukan alamat MAC perangkat yang ingin Anda batasi, berikutnya Anda harus ke menu “Access Restrictions”, di mana Anda akan menemukan halaman Internet Access Policy. Di sini, Anda dapat menentukan sejumlah kebijakan yang berbeda untuk perangkat tersebut dan menyesuaikan aturan khusus untuk akses internet bagi mereka.

Namai kebijakan tersebut, aktifkan, kemudian edit daftar perangkat. Pada daftar, Anda dapat mengetikkan alamat MAC yang sudah Anda rekam dari layar sebelumnya. Kemudian simpan perubahan Anda dan tutup jendela pop-up.

Akhirnya, yang harus Anda lakukan adalah menentukan pembatasan akses yang akan berlaku untuk perangkat tersebut. Klik “Deny”, kemudian buat jadwal yang ingin Anda gunakan. Misalnya Anda membuat koneksi internet akan diblokir dari jam 10 hingga 11 malam.




Sekarang buat kebijakan untuk pagi hari pada perangkat yang sama, misalnya Anda memblokir akses dari jam 6 pagi hingga jam 16 sore. Setelah itu, Anda bisa melihat semua kebijakan akses internet yang Anda buat di bawah daftar dropdown di samping “Access Policy”.


Blokir Perilaku Internet Tertentu

Dalam router Anda, di bawah item menu Security, Anda memiliki akses ke sejumlah alat di mana Anda dapat menonaktifkan VPN Passthrough, atau di bawah bagian “Firewall”, yang memungkinkan pemblokiran hal-hal seperti JAVA, skrip ActiveX, penggunaan proxy, bahkan cookie.



Tidak peduli bagaimana orang-orang di jaringan Anda mengkonfigurasi browser, router adalah sumber untuk semua akses internet. Ini adalah filter firewall yang akan didahulukan, jadi jika Anda benar-benar tidak ingin orang-orang menggunakan proxy, menjalankan aplikasi Java, dan lain-lain – cukup pilih item di halaman ini yang ingin Anda blokir, menyimpan pengaturan Anda, dan jaringan Anda secara resmi dilindungi dari perilaku itu.

Perlu diingat bahwa tidak ada yang 100 persen tahan peluru. Jika seorang hacker cukup pintar, mereka mungkin berhasil menemukan cara untuk kembali ke router Anda dan mengubah pengaturan tersebut, atau mencari cara lain untuk benar-benar melewati router itu sendiri. Namun, tips ini akan memberikan setidaknya cara penting yang harus Anda coba dan mengelola apa yang terjadi dalam jaringan rumah Anda, dan bagaimana orang mengakses internet dari situ.

Sumber: Paseban

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply