Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Manfaat Jaringan Komputer Terlengkap
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Oleh Michael Putra


Baik dalam keadaan sadar ataupun tidak, di jaman ini, manusia sekarang sudah menikmati faedah dari adanya jaringan komputer baik secara langsung ataupun tidak langsung. Perkembangan teknologi menuntut banyak barang-barang elektronik terbaru untuk memiliki jaringan Internet agar dapat membantu masyarakat semua. Dimulai dari ketika kita ingin mengirim uang dan sampai alat komunikasi sehari-hari manusia memiliki jaringan. Cara merakit komputer pun telah menjadi ilmu yang umum.

Manfaat Jaringan Komputer Terlengkap

1. Resource Sharing 

Dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama. Misal : seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari satu data, tak memperoleh kesusahan saat menggunakan data itu, selayaknya data itu ada didekatnya. Perihal ini kerap disimpulkan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.

2. Reliabilitas tinggi

Dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misal : Semua file dapat disimpan atau dicopy ke satu, dua atau lebih komputer yang terhubung ke jaringan. Hingga apa bila diantara mesin rusak, maka copy-an di mesin yang lainnya dapat dipakai.

3. Menghemat uang 

Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Misalnya : Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil (pribadi). Walau demikian, biaya mainframe 1000 kali lebih mahal dari komputer pribadi (kecil). Ketidakstabilan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.

4. Cepat dan Efisien 

Jaringan komputer sangat mungkin sistem pengiriman data berjalan dengan cepat dan efisien. Misalnya saja : Pengiriman surat tak butuh lagi memakai kertas yang dikirimkan dan sampainya dalam waktu berhari-hari, cukup dengan menggunakan email yang membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.

5. Real Time 

Jaringan komputer dapat meringankan suatu orang berkomunikasi dengan orang lain dengan komunikasi melewati pesan teks, gambar, audio dan video secara langsung atau real time.

6. Komunikasi 

Pertukaran data dan informasi. Contoh : E-mail, Chatting, Instant Messaging.

7. Centralized Administration 

Pengelolaan total sistem dari satu lokasi. Contoh : Active directory pada Windows 2000/2003 Server.

8. Centralized Security 

Pemasangan peralatan security di satu area untuk mengamankan seluruh jaringan komputer. Contoh : Firewall

9. Integrasi Data 

Pemetaan beban pengelolaan data ke seluruh banyaknya komputer. Contoh : Sistem Terdistribusi

10. Kerjasama, memungkinkan kolaborasi dari banyak orang bahkan sampai dalam cakupan global (seluruh dunia) 
Contoh : Workgroup, komunitas open source software.

11. Efisiensi Biaya 

Mengurangi Keperluan Hardware serta Software. Contoh : Diskless workstation.

12. Efisiensi Waktu dan Tenaga 

Mengurangi waktu dan tenaga sia-sia dalam pertukaran data serta informasi. Contohnya saja : File berbagi melewati media jaringan.

13. Peningkatan Produktivitas 

Melalui efisiensi waktu serta tenaga dan terjalinnya kerjasama yang baik dengan data yang terintegrasi maka produktivitas akan meningkat.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer Terlengkap, terima kasih buat kalian para sahabat Perkembangan Teknologi yang telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel yang admin share kali ini, semoga artikel kali ini dapat membantu kalian dan menambah wawasan para sahabat Perkembangan Teknologi.

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply