Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Merawat Layar Sentuh di Gagdet Kesayangan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Keberadaan layar sentuh alias touchscreen bisa dikata telah merasuk di beragam gadget, dan kini layar sentuh telah menjadi salah satu komponen penting dalam feature phone, smartphone maupun tablet. Bila awalnya layar sentuh terkesan ringkih dan mudah rusak, belakangan para vendor papan atas melengkapi layar sentuh untuk gadgetnya dengan teknologi pelapis anti gores, seperti Corning Gorilla Glass. Tapi lepas dari itu, ada beberapa hal yang cukup prinsipil dalam memperlakukan layar sentuh di gadget.

Agar gadget Anda awet dan layar selalu tampil prima, maka Anda perlu mengetahui perlakuan yang pas pada touchscreen. Berikut adalah tips yang layak diperhatikan:

1. Jauhkan dari sinar matahari

Meski dalam perkembangan ada layar sentuh dengan teknologi AMOLED yang adaptif untuk kondisi outdoor. Tapi untuk menjaga keawetan layar, sebaiknya hindari gadget Anda dari paparan sinar matahari secara langsung. Sebab hal tersebut dapat merusak kualitas layar LCD.

2. Voltase Yang Tidak Stabil

Tegangan yang tidak stabil, terutama pada saat proses charging jelas punya dampak negatif pada perangkat elektronik, begitu pun dengan gadget. Bila lambat laun tegangan voltase listrik tidak stabil, akan merusak kualitas LCD.

3. Jangan Menyimpan Gadget di Kantong Celana


Bagi Anda yang belum melengkapi gadget layar sentuh dengan lapisan anti gores, maka hindari menyimpan gadget pada saku celana, karena hal ini dapat menyebabkan layar LCD akan tergores dan cepat rusak.

4. Gunakan Lapisan Anti Gores (Screen Guard)

Screen guard lebih populer sebagai elemen asesoris, tapi perannya cukup penting untuk menjaga keawetan layar dari ancaman goresan dan terpaan sinar matahari. Screen guard kini ada empat jenis yang ada dipasaran, yakni:


a. Transparan

Anti gores yang satu ini berbahan dasar plastik biasa. Sehingga harganya termasuk paling murah dari jenis lainnya. Anti gores ini juga termasuk yang paling banyak di jual dipasaran. Keunggulan dari anti gores ini sangat baik jika anda gunakan pada siang hari, karena lapisan plastiknya yang bening sehingga anda cukup dengan tingkat kecerahan yang relatif rendah saja, sehingga mampu menghemat baterai.

b. Anti Glare

Anti glare merupakan anti gores yang cukup baik digunakan. Fisiknya hampir mirip dengan anti gores transparan. Namun anti glare memiliki banyak keunggulan yang diantaranya adalah mampu melindungi screen dari goresan debu, melindungi jejak jari anti gemblung, dan anti silau matahari. Bahkan beberapa jenis anti glare yang di jual dipasaran memiliki kelebihan yang lainya, yaitu anti minyak. Jadi ketika anda sedang menelepon dan bersentuhan dengan muka anda yang berminyak. Screen pada gadget anda tidak akan ada bekas minyak yang menempel.

c. Anti Spy

Anti spy merupakan anti gores yang hanya bisa di lihat lurus 90 derajat, sedangkan orang yang ada di samping kita tidak akan bisa melihat. Jenis anti gores ini juga termasuk yang paling laku di jual dipasaran. Kelemahan dari anti spy adalah kita harus mengatur tingkat kecerahaan pada gadget kita semaksimal mungkin. Jika tidak jangan harap anda bisa melihat tampilan screen gadget anda. Hal ini juga akan berakibat borosnya batrai pada gadget anda.

d. Mirror

Anti gores jenis ini hampir mirip dengan anti spy. Bedanya anti gores mirror mempunyai warna dasar silver. Kelebihan dari anti gores ini selain digunakan untuk menghindari goresan pada layar, anti gores ini juga mampu menjadi kaca. Anti gores miror juga memiliki kelemahan, karena warna dasarnya yang silver. Ketika layar tergores dan terpancar sinar matahari akan mengakibatkan kurang nyamannya tampilan gadget.

5. Gunakan Jari Dengan Baik

Saat mengoperasikan gadget sebaiknya Anda menggunakan jari, kecuali perangkat pintar Anda itu memang dilengkapi stylus pen. Jangan menggunakan kuku atau bahan tajam lainnya karena dapat merusak layar, cukup gunakan ujung jari dengan tekanan sewajarnya.

6. Jauhkan dari Benda-Benda yang Mengandung Magnet

Jauhkan gadget Anda dari berbagai benda yang mengandung magnet seperti televisi atau radio. Radiasi dari magnet akan membuat layar perangkat pintar Anda menjadi tidak sensitif lagi. Jadi, hindari meletakkan smartphone, tablet dan perangkat pintar Anda di dekat perangkat-perangkat yang mengandung magnet tersebut.

Sumber : Selular

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply