Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Taman yang Mengundang Kupu-Kupu
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Kehadiran kupu-kupu pada taman seakan menambah kecantikan dan keasrian sebuah taman yang penuh dengan bunga. Apalagi ternyata kehadiran kupu-kupu tidak merugikan tanaman yang ada, bahkan membantu dalam proses penyerbukan atau perkawinan antar bunga dan menghasilkan buah. Lalu apa saja yang perlu diketahui dan dilakukan oleh pemilik taman agar dapat mengundang kupu-kupu hadir di taman rumahnya?


Dasar dari mengundang kupu-kupu ke dalam taman adalah mengetahui keperluan utama kupu-kupu dalam proses keberlangsungan proses hidupnya. Ada empat hal dasar yang penting diketahui soal pertumbuhan kupu-kupu, yaitu mencari makanan, mencari tempat berlindung, serta ketersediaan air dan sinar matahari.

Berdasarkan keempat hal tersebut, seyogyanya sebuah taman kupu-kupu dibuat dengan menghadirkan persyaratan-persyaratan yang memperhatikan kondisi di atas. Sebagai sumber makanan, kupu-kupu mencari dua hal dari sebuah tanaman, yaitu sebagai tanaman induk untuk masa menjadi ulat/caterpilar dan nectar/sari madu bunga pada masa dewasa.

fUntuk itu diperlukan pengetahuan jenis tanaman, mana yang dapat menjadi satu atau dua fungsi sekaligus. Pada tanaman tropis, jenis yang dapat dihadirkan adalah sebagai berikut:

* Lonicera nudiflorum (nectar)
* Lagerstromia indica (nectar)
* Mimosa/Putri Malu, Albizia julibrissin (nectar)
* Bunga Impatien, Impatiens balsamina (nectar)
* Bunga Matahari, Helianthus angustifolius (nectar dan tanaman induk)
* Cleome, Cleome hasslerana (tanaman induk)
* Lolipop Kuning, Echinacea purpurea (nectar)
* Cosmos, Cosmos bipinnatus (nectar)
* Bunga Pukul Empat, Mirabillis jalapa (nectar)
* Kembang Sepatu, Hibuscus spp . (nectar dan tanaman induk)
* Bunga Lantana, Lantana camara (nectar)
* Tagetes/Marigold, Tagetes erecta dan Tagetes patula (nectar)
* Pentas, Pentas lanceolata (nectar) * Dan lain-lainnya.

Sebagai pelindung, yang sangat berguna saat menghadapi ancaman predator, dari cuaca buruk, tempat beristirahat, dan menjadi sarang saat proses metamorfosis. Jenis tanaman conifer (pohon berdaun jarum) dan jenis tanaman yang hidup sepanjang tahun merupakan tanaman pelindung yang terbaik untuk dipilih.

Ketersediaan sinar matahari sangat membantu bagi kehidupan kupu-kupu. Kupu-kupu memerlukan cukup sinar matahari pagi atau sore untuk menghangatkan badannya. Selain itu, sinar matahari yang cukup juga dapat membantu dalam proses pembungaan pada sebuah tanaman.

Ketersediaan air adalah syarat terakhir yang harus ada. Pemenuhan kebutuhan air terutama di musim kemarau tersebut dapat dilakukan. Adanya sifat beberapa kupu-kupu yang tidak bisa langsung mengkomsumsi air dari sumbernya, dapat dilakukan cara penyediaan kolam atau kotak yang berisikan pasir dan air atau tanah basah/lumpur ditempat yang agak teduh di dekat tanaman pelindung. Yang penting diingat adalah jangan sampai tempat air tersebut menjadi sarang nyamuk.

Seekor kupu-kupu akan aktif mencari makan pada siang hari dan menyukai struktur bunga jenis bunga daisy, seperti bunga Lantana, Tagetes, Aster dan lainnya. Kelopak bunga yang ada dapat dijadikan tempat berpijak saat akan menghisap nectar bunga. Menjelang sore hari, umumnya bunga berwarna putih atau pucat menjadi pilihan. Selain warna, aroma bunga juga menjadi petunjuk untuk memilih jenis bunga yang diperlukan.

Kupu-kupu juga tidak akan menghampiri jenis bunga potong yang kerap kali disiram pupuk kimia atau pestisida. Selain dapat membunuh caterpilar/masa menjadi ulat, kandungan bahan kimianya juga dapat meracuni kupu-kupu. Jadi, semakin alami taman yang ada akan semakin banyak kupu-kupu yang akan datang.

Sumber: Ideaonline

About Berita Buzz

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply