Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » 11 Teknologi Mobil yang Terlupakan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Sumber : curbsideclassic | Author : - 
Kaca depan Kaiser-Frezer copot saat tabrakan

KompasOtomotif — Ahli-ahli otomotif di era 1990-an, 1980-an, 1970-an atau bahkan era awal perkembangan alat transportasi telah mengembangkan macam-macam perangkat keselamatan pada mobil. Bentuk dan fungsinya kadang aneh, walau sebagian dikembangkan dan akhirnya berguna. Sebelas di antaranya gagal diproduksi massal, tidak populer, dimusnahkan karena rahasia, dan kebanyakan sudah terlupakan.

1. Kaca depan tercopot secara otomatis

Edgar Kaiser seorang pengusaha ternama asal Kanada pernah mengalami kecelakaan mobil. Ia lantas membuat sedan yang menurutnya super-aman bernama Kaiser-Frazer Deluxe (1952). Aman di sini berarti bisa membuat kaca depan tercopot secara otomatis saat mobil menabrak. Hasilnya, pengendara tidak kejedot.

2. Aurora 1957

Sumber : Autotraderuae | Author : - 
Bemper sendok Buick Aurora 1957 keluar busa untuk cegah pejalan kaki saat terjadi tabrakan

Mobil Buick Aurora tersebut punya bodi serba meliuk-liuk mirip balon. Kaca depannya gembung karena berfungsi memberi tempat bagi airbag yang kadang mengembang tidak sempurna. Bumper depannya pun seperti sendok, yang akan diisi busa dari lubang-lubang di belakangnya untuk meredam benturan bagi pejalan kaki yang tertabrak. Tak ketinggalan, kursi depan memutar ke belakang saat mobil menumbuk sesuatu di bagian depan.

3. Warna aman

Mobil Bricklin SV-1 buatan 1974 adalah satu dari sekian mobil dengan teknologi keselamatan yang mumpuni, seperti batang pelindung saat mobil terbalik, bumper yang memanjang dalam kecepatan 5 mph, dan yang khas: pilihan warna lembut agar pengendara lain tidak silau. Pilihan warnanya dinamai: “Safety White”, “Safety Orange”, dan “Safety Green”.

4. Rem UFO

Sumber : carstyling/autostuffworks | Author : - 
Warna aman dari Bricklin SV-1 dan rem Ufo pelindung kaliper di Audi

Sebelum era pelek besar di atas 19 inci populer, sejumlah produsen mobil, termasuk Audi, berlomba-lomba membuat rem cakram besar dengan penutup mirip UFO. Penutup itu maksudnya melindungi kaliper dan lainnya, sementara rem bekerja lebih mantap dengan area kerja yang lebih lebar. Namun, rem itu justru rumit dan bikin biaya perawatan-perbaikannya mahal.

5. Pilar A transparan

Volvo membuat perangkat tersebut pada Safety Concept Car produksi 2001. Perangkat airbag pejalan yang belakangan akhirnya dikembangkan lebih lanjut itu mengembang di kaca depan sehingga mereka yang tertabrak tidak mental dan memecahkan kaca mobil. Sementara itu, pilar A dibuat "jaring-jaring" untuk menghindari blind spot atau titik buta di pilar sebelah spion.

6. Hidung dan buntut karet

Sumber : Carstyling/autostuffworks | Author : - 
Hidung dan buntut karet Fiat ESV 1500 (kiri) dan pilar anti-blindspot Volvo

Fiat ESV 1500 buatan 1971 dipasangi bumper karet di depan dan belakang supaya aman bagi orang yang tertabrak, sekaligus membuat mobil (diharapkan) tidak rusak saat berbenturan. Hidung itu pun dianggap terlalu besar dan konyol untuk Fiat yang mungil ini, mirip punya Pinokio.

7. Si Mata Satu 
Sumber : Flickriver&Edmund | Author : - 
Tucker Torpedo 1948 (Si Mata Satu) punya lampu sorot mengikuti setir

Presiden dari produsen mobil Tucker menambahkan sejumlah sistem keamanan pada Sedan Tucker buatan 1948 yang disebut Torpedo. Sedan ini antara lain memiliki bantalan empuk di depan kursi penumpang belakang supaya mereka tidak sakit saat tersungkur akibat tabrakan. Yang hebat, sedan ini punya sebuah lampu tambahan di tengah antara lampu depan kiri-kanan. Lampu tengah ini bagaikan tokoh monster imajiner Cyclops (Si Mata Satu) yang akan “melotot” menyorot mengikuti arah setir.

8. Sedan berbadan ganda

Sebuah kendaraan yang diberi nama Sir Vival 1950 itu dibuat dalam dua bagian (gandengan) dengan satu kabin sebagai tempat mesin, sementara kabin lain untuk penumpang. Mobil ini dibuat terpisah supaya jika terjadi apa-apa dengan bagian depan, kabin penumpang tetap aman. Walter Jerome yang membuat Sir Vival ini juga menambahkan bumper karet, kursi pengemudi yang bisa ditinggikan supaya leluasa melihat jalan, dan pembersih kaca depan yang berotasi secara otomatis.

9. Ban vakum "gurita"

Sumber : Justacarguy/Byteboy | Author : - 
Bodi ganda Sir Vival 1950 (kiri) dan ban vakum

Perusahaan ban Pennsylvania Rubber Company (1917) membuat ban vakum yang bertujuan menenangkan hati pengendara saat jalanan licin, misalnya saat hujan lebat. Ibarat tentakel gurita, ban berlubang-lubang di permukaan akan menahan udara sebentar ketika menempel di jalan sehingga (diharapkan) mobil melaju stabil, walau akhirnya gagal dipasarkan karena aneh.

10. Palang dengkul

VW pada 1973 membuat Experimental Safety Vehicle (ESVW), sebuah mobil konsep yang antara lain membuat palang pelindung khusus untuk dengkul kaki.

11. MG SSV1 1972

Sumber : Byteboy | Author : - 
MGT SSV1 1972 punya kaca periskop dan sistem mabuk sebelum mengemudi

Selain juga memiliki periskop dan airbag versi awal, mobil ini punya satu alat unik yang berfungsi menguji kesadaran (dari mabuk) atau kesabaran pengemudinya. Jadi, ada semacam tombol-tombol permainan yang membutuhkan konsentrasi untuk menyalakan mobil. Keren, tapi juga bisa bikin stres. (Dimas Wahyu)

Sumber 2

About Unknown

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply