Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Penelitian Situs Bersejarah Arkeolog Temukan Uang Abad VII
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Ilustrasi - uniqpost.com

TRIBUNNEWS.COM, KETAPANG - Tim arkeologi nasional kembali melakukan penelitian terhadap situs bersejarah di Desa Negeri Baru, Kecamatan Benua Kayong, Ketapang. Dalam penelitian itu, tim arkeolog ingin mendalami hubungan situs bersejarah di daerah tersebut dengan kerajaan Majapahit.

Kadisbuparpora Ketapang Yudo Sudarto mengatakan, dalam penelitian tersebut tim arkeologi mendapatkan beberapa temuan yang cukup menyita perhatian, beberapa diantaranya keramik antik, serta adanya temuan uang kuno yang diperkirakan pada jaman dinasti Tang abad VII.

"Uang kuno tersebut berbentuk logam, namun di tengahnya bolong, kurang lebih 5 buah, uang tersebut didapatkan dari tangan penduduk yang mereka dapat di sekitar situ. Jika dilihat pada abad ketujuh berarti sangat maju sekali, sebab ada hubungannya dengan dunia luar," kata Yudo Sudarto, Selasa (10/7/2012).

Yudo mengatakan, jika melihat banyaknya benda-benda bersejarah yang ditemukan, seperti keramik dan uang kuno, bisa disimpulkan di Desa Negeri Baru pada saat itu merupakan pasar yang menjadi pusat perdagangan, dari berbagai penjuru negara.

"Keramiknya ada yang berbentuk tempat air yang besar, jarang sekali keramik besar seperti itu ditemukan di Indonesia, itu ahli langsung yang menyatakan, ada juga keramik kecil untuk wadah obat, ada juga keramik untuk tempat air raksa. Jadi nenek moyang kita dulu juga sudah mengenal air raksa, itu ahli keramik yang mengatakan, bahkan benda-benda tersebut diperkirakan ada pada abad ke-15," bebernya.

Yudo menambahkan, dari keterangan para ahli arkeolog pula, sekurang-kurangnya ada tujuh candi lagi yang tersebar di Kalbar, hanya saja mereka belum menemukan di mana lokasi candi -candi yang dimaksud. "Yang baru tergali ini kan di Negeri Baru di Kabupaten Ketapang," tandasnya.

Yudo mengatakan, penelitian yang dilakukan oleh tim arkeolog tersebut memang sudah menjadi agenda tahunan. Mereka bermaksud untuk menggali lebih jauh tentang situs bersejarah yang terdapat di Kalbar, termasuk di Kabupaten Ketapang.

"Dengan adanya penelitian ini tentu akan menjadi kebanggaan bagi kita, bahwa Indonesia, khususnya Ketapang memiliki sejarah peradaban yang menarik, ini juga dimaksudkan untuk pendidikan karakter bangsa," jelasnya.

Agar benda-benda bersejarah yang ada di Ketapang dapat dijaga dan dilestarikan dengan baik, pemerintah juga berencana membangun museum umum. Hanya saja sampai saat ini pemerintah masih terkendala dengan anggaran.

"Kita memang akan membangun museum, namun pembangunannya akan dilaksanakan secara bertahap karena anggaran terbatas, saat ini museum tersebut sudah kita bangun di pasar Sepakat, namun belum jadi, sudah tiga tahun anggaran," tandasnya.

Yudo mengatakan, pemerintah akan tetap berupaya menyelesaikan pembangunan museum tersebut, hanya saja museum tersebut tidak khusus untuk menyimpan benda-benda bersejarah melainkan untuk menyimpan barang-barang umum lainnya. "Ya mungkin bentuknya sederhana, namun tetap mempunyai kesan," tandasnya.

About Unknown

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply