Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Begini Caranya Mengatur Biaya Mudik Biar Nggak Tekor Bobol
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


lintas-dunia.blogspot.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menetapkan anggaran mudik tak ubahnya seperti menetapkan anggaran berlibur.

Hal yang  perlu dipertimbangkan agar mudik tetap nyaman, anggaran mudik sebaiknya ditetapkan sebelum mudik dilakukan.

"Anggaran yang perlu dipikirkan adalah beberapa alokasi dana untuk transportasi, akomodasi, konsumsi, dan lain-lain," ungkap Mike Rini Sutikno, penasihat keuangan dari Mike Rini and Associate Financial Planning and Education.

Berikut beberapa pos anggaran saat mudik yang perlu dicermati sebelum mudik lebaran dan beberapa saran Mike.


- Transportasi
Bagaimana mengawali penghitungan biaya mudik. "Prinsipnya, besar kecil biaya mudik itu tergantung berapa hari akan mudik di kampung, berapa banyak jumlah orang yang menjadi tanggungan, dan akan kemana saja selama mudik di kampung," ungkap Mike.


Dari sini terlihat, anggaran lebaran bisa dimulai dengan menentukan jenis transportasi dan tujuan mudik. Jangan pilih transportasi hanya berdasarkan faktor ekonomis, kalau tidak nyaman sebaiknya jangan dipilih. "Merencanakan keuangan mudik juga sebaiknya tetap realistis, pilih transportasi yang nyaman dan aman," saran Mike.

Lalu pertimbangkan opsi jika ada saudara yang bisa diajak mudik bersama dan patungan biaya transportasi. Anda bisa menyewa mobil bersama bahkan patungan makan di jalan dan bahan bakar.  Kendati tetap dengan perhitungan yang rasional, jangan memuat terlalu banyak orang dalam kendaraan karena hanya memikirkan kesempatan dan keuangan. Untuk mobil jenis SUV bisa menjadi transportasi 5 hingga 7 orang sedangkan sedan tentunya hanya cukup 4 orang saja.  


- Akomodasi
Hal lain yang perlu diperhitungkan, apakah selama mudik akan menginap di rumah orang tua atau terpaksa menginap di penginapan karena kapasitas rumah yang terlalu penuh.  


Memang, ketika menginap di rumah orang tua Anda tak perlu mengeluarkan biaya lagi. Kendati demikian, pastikan untuk memberikan tempat istirahat yang nyaman bagi anak-anak. "Jangan sampai, sepulang mudik justru anak-anak dan suami jatuh sakit. Itu akan menambah pengeluaran lagi, bukan?" ujar Mike memperingatkan.


- Konsumsi
Anggaran konsumsi mudik yang perlu diperhitungkan adalah soal makan dimana, dengan lauk apa, dan berapa lama menginap selama di tempat tujuan. Kendati di rumah orang tua, soal makan harus tetap dianggarkan sejumlah biaya belanja, lho!


Biasanya, Anda bisa membuat kesepakatan terlebih dahulu sebelum berangkat mudik, dengan pemilik rumah atau orang tua. Bisa juga Anda membagi beban anggaran dengan kakak atau adik yang kebetulan juga menginap di tempat orang tua. Diskusikan saja dengan saudara Anda, bagaimana membagi anggaran belanja ini.


- Angpao
Sebagaimana berlebaran di rumah, saat mudik Lebaran Anda mesti menyiapkan uang angpao juga. Sayangnya, mudik juga sama artinya dengan menyiapkan angpao lebih banyak karena bertemu dengan banyak saudara yang lain.


Tenang saja, ini masih bisa disiasati dengan patungan bersama kakak atau adik yang juga mudik. Diskusikan sebelum berangkat mudik, misal, Anda menanggung angpao untuk paman dan bibi A - C, lalu paman dan bibi D-F ditanggung oleh saudara yang lain.

Jika sekiranya uang angpao tidak terlalu banyak, sebaiknya angpao dirupakan barang yang lebih layak diterima.

About Unknown

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply