Oleh Asnil Bambani Amri, Reuters
LONDON. Hasil riset dari Nielsen menyebutkan, indeks kepercayaan konsumen global merosot di kuartal II dibanding kuartal sebelumnya. Namun kondisi sebaliknya terjadi di Indonesia yang justru mencatat kenaikan indeks kepercayaan konsumen pada kuartal II tahun 2012 bahkan tertinggi dari negara-negara berkembang lainnya termasuk China.
Laporan indeks konsumen ini disampaikan dalam laporan yang dirilis Nielsen, Senin (16/7) lalu. Dalam laporan itu menyebutkan, indeks kepercayaan konsumen di Indonesia kuartal II bisa juga bisa mengalahkan India, yang selama ini selalu berada di atas Indonesia. "Konsumen di Indonesia optimistis karena sepanjang tahun ada upgrade peringkat investasi dari Moody`s dan Fitch, " kata Catherine Eddy, direktur pengelola, Nielsen Indonesia.
Sementara itu, India beserta negara berkembang lainnya seperti China, dan Brazil mengalami penurunan indeks kepercayaan konsumen pada kuartal II. Penurunan indeks kepercayaan konsumen juga melanda kawasan zona euro, yang saat ini berjuang dari krisis, begitu pula dengan Amerika Serikat (AS).
Sumber
Tidak ada komentar