Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Nih, Tips Mengemudi Saat Banjir dari Julian Johan Offroader Nasional
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


SPORTKU.COM - Musim penghujan tengah menderu kota Jakarta. Para pengendara mobil harus ekstra hati-hati ketika berkendara.

Saat ini banjir tengah mengepung Jakarta dan sekitarnya. Offroader nasional Julian Johan turut prihatin atas kejadian banjir yang menimpa sebagian kota Jakarta. Bagi Anda yang terjebak banjir, Julian Johan mempunyai beberapa tips saat mengendarai kendaraan di saat banjir.

Berikut tips mengemudi dari Julian Johan saat menerjang banjir:

1. Tidak perlu mengebut saat mengemudi di tempat banjir. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari cipratan air berlebih di ruang mesin yang berpotensi membuat mobil mogok. Semakin keras menginjak gas, maka filter udara akan semakin kuat menyedot udara. Sehingga berpotensi menghisap air dari luar.

2. Menerjang banjir paling aman memakai gigi 1. Untuk mobil matic, dapat pindah ke L. Hal tersebut diperlukan karena beban mobil menjadi lebih berat saat menerjang banjir. 

3. Anda tidak perlu resah ketika knalpot kemasukan air. Karena knalpot tidak akan bisa kemasukan air selama mesin tetap menyala. 

4. Ketimbang mencemaskan knalpot, Anda lebih baik memerhatikan filter udara di ruang mesin. Bagian tersebut lebih rentan membuat mobil Anda mogok saat menerjang banjir. 

5. Jika memungkinkan, hindari berhenti di tengah-tengah banjir. Ketika mobil berhenti, permukaan air akan naik di ruang mesin. 

6. Pada dasarnya, mobil dengan mesin diesel lebih aman untuk menerjang banjir jika dibandingkan dengan mobil bermesin bensin. Karena mesin diesel lebih bersifat waterproof. 

7. Selalu siaga dan cermat. Tanpa disadari, yang membuat mobil Anda mogok justru terjangan ombak air berlebihan dari mobil di sebelah atau di depan Anda.

8. Setelah melewati genangan, jangan langsung tancap gas. Hal tersebut berbahaya, karena kondisi rem masih sangat licin. Cara mengeringkannya dengan melakukan rem kecil berulang kali. Hingga rem terasa kembali menggigit.

9. Bagi mobil manual, usahakan menghindari menginjak kopling saat berada di tengah genangan banjir. Menginjak kopling di genangan dapat membuat air masuk ke transmisi dan merusaknya.

10. Jika belum terbiasa dengan jalan yang dilewati saat banjir, usahakan jangan melintas pinggir jalan. Mungkin saja ada selokan.

Sumber: Sportku

About Unknown

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply