Select Menu

ads2

Slider

Featured Post (Slider)

Rumah - Interior

Recent Comments

Kesehatan

Social Icons

google plus facebook linkedin

Artikel Popular

Portfolio

Motivasi Kerja

Travel

Performance

Cute

My Place

Motivasi Kerja

Racing

Videos

» » Arkeolog Masih Lakukan Penelitian
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


internet
ilustrasi


TRIBUNNEWS.COM  KETAPANG, Situs bersejarah yang ditemukan oleh ahli arkeolog nasional di desa Negeribaru Kecamatan Benua Kayong beberapa waktu lalu masih dilakukan penelitian. Diharapkan benda bersejarah tersebut bisa menjadi khasanah yang memperkaya kebudayaan Kabupaten Ketapang.

“Penilitian masih jalan terus, cagar budaya juga termasuk satu diantara tempat penelitian, dengan demikian kedepan temuan tersebut bisa menjadi tempat menimba ilmu pengetahuan untuk mempelajari, budaya masa lalu, untuk dikembangkan di masa mendatang,” kata kepala dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga Kabupaten Ketapang, Yudo Sudarto, Kamis (19/7/2012).

Sebagaimana diberitakan Tribun sebelumnya, arkeolog nasional menemukan sejumlah situs bersejarah di desa Negeri Baru, berupa keramik, serta uang kuno. Benda-benda tersebut diperkirakan peninggalan dinasti Tang pada abad ke tujuh.

Yudo menegaskan, keramik yang ditemukan tersebut menggambarkan bahwa arsitektur pada jaman itu sudah cukup maju. Sebab jika dilihat dari bentuknya, banyak mengandung nilai seni yang tinggi. Tentu untuk membuatnyapun diperlukan pengetahuan yang luas.

“Apalagi hal ini diperkuat dengan temuan mata uang, berarti Ketapang pada saat itu sudah menjadi peradaban dunia yang maju. Sedangkan jika melihat banyaknya pecahan keramik yang ditemukan bisa saja di negeri baru saat itu merupakan pasar,” tegasnya.

Temuan tersebut sampai saat ini masih misteri, sebab arkeolog yang melakukan penelitian masih belum memberikan kesimpulan, Untuk saat ini mereka baru bisa memperkirakan, bahwa benda-benda yang ditemukan itu adalah peninggalan kerajaan pada jaman dahulu.

Saat ini, beberapa benda yang ditemukan telah disimpan sebagai cagar budaya daerah yang akan terus dipelihara. Diharapkan dengan adanya benda-benda tersebut masyarakat juga bisa mendapatkan pelajaran mengenai sejarah silam Kabupaten Ketapang.

About Unknown

Beritabuzz.blogspot.com merupakan salah satu divisi pengembangan Portal Online Pengetahuan Umum dari Kios Buku Gema (Gemar Membaca)™.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply