Apa yang Anda lakukan di satu jam
pertama setiap hari kerja punya dampak cukup besar dalam produktivitas
dan perkembangan karier.
Satu jam pertama di hari kerja punya dampak besar bagi produktivitas dan
kesuksesan karier secara keseluruhan. Bila dimanfaatkan sebaik mungkin,
sejam pertama hari kerja bisa jadi hal yang memberi kontribusi besar
bagi Anda.
Craig Newmark dari Craigslist, David Karp dari Tumblr,
pembicara motivasi Tony Robbins, dan penulis Brian Tracy memiliki
beberapa cara berbeda dalam menjalankan satu jam pertama setiap hari
kerjanya. Berikut kumpulannya:
Jangan cek email di jam pertama hari kerja
Dalam wawancaranya kepada majalah Inc., David Karp pendiri situs Tumblr
mengaku berusaha keras untuk tidak mengecek surat-surat elektronik
hingga sekitar pukul 09.30-10.00. Menurutnya, membaca email di rumah
tidak pernah menyenangkan atau produktif. Dalam pemikirannya, bila ada
hal yang sangat penting dan butuh perhatiannya, akan ada orang yang
menelepon atau mengirim pesan singkat.
Dalam bukunya yang bertajuk Never Check Email In The Morning,
Julie Morgenstern juga menyarankan hal yang sama. Menurutnya, ini
adalah suatu strategi untuk membuat hari kerja terasa lebih produktif
saat emailnya dijawab dan dihadapi di tempat kerja. Tentu hal ini akan
aman dijalankan bila profesi Anda tidak membutuhkan perhatian 24 jam per
hari atau tidak butuh update yang masif setiap saat.
Bersyukur
Situs tanya jawab Quora sempat
mengunggah pertanyaan mengenai hal yang dilakukan orang sukses di jam
pertama hari kerjanya. Jawaban terpopuler diberikan oleh Tony Robbins,
guru motivasional yang menyarankan untuk melakukan ritual memusatkan
fokus diri dan bersyukur.
Robbins menyarankan untuk membiasakan menciptakan ritual semacam ini
selama sejam, 30 menit, atau setidaknya 15 menit. Bagian dari ritual ini
sebaiknya juga termasuk olah fisik ringan, juga termasuk
kalimat-kalimat penguatan diri atau motivasi diri. Hal paling mendasar
dan bisa Anda lakukan setiap pagi selama 10 menit adalah bersyukur dan
memikirkan hal-hal yang disyukuri; kesehatan, keluarga dan teman-teman,
karier, dan hal-hal lainnya. Setelah itu, visualisasikan hal-hal yang
Anda inginkan dalam hidup, anggap hal-hal itu sudah Anda miliki hari
ini.
Kerjakan hal berat terlebih dulu
Dalam buku manajemen waktu Eat That Frog, Brian Tracy menyarankan untuk bekerja menyelesaikan hal-hal paling sulit dan paling tak disukai di pagi hari.
Setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan berat di awal hari,
sisa hari akan terasa lebih ringan. Kombinasikan dengan tidak mengecek
email di pagi hari, maka Anda akan melihat sistem harian yang lebih
jelas.
Pilih masalahnya
Di penghujung hari, pilih masalah yang belum selesai dan sulit
dikerjakan itu untuk Anda kerjakan besok pagi. Di pagi hari Anda tiba di
kantor, sudah ada "to do list"
yang harus Anda kerjakan, jika memungkinkan, di malam harinya,
kumpulkan pula data atau bahan yang dibutuhkan untuk membantu
mengerjakan tugas itu lebih cepat.
Salah satu manfaat untuk menyelesaikan masalah-masalah pelik di pagi
hari adalah, orang-orang yang punya kecenderungan mengganggu akan
sedikit. Tanpa orang-orang yang menambah beban tugas itu merecoki
pekerjaan Anda, pekerjaan pun akan lebih cepat selesai dan tugasnya tak
lagi sekompleks sebelumnya.
Mengevaluasi diri
Merasa tak nyaman dan tidak puas dalam pekerjaan seharusnya tidak
berlarut-larut. Coba lakukan saran mendiang pendiri Apple, Steve Jobs
kepada para mahasiswa Stanford.
Jobbs menyarankan untuk selalu mengevaluasi diri, kalau perlu, bertanya kepada diri sendiri mengenai pekerjaan yang dilakukan.
Setiap hari, tanyakan pertanyaan ini kepada diri sendiri: "Bila ini
adalah hari terakhir saya hidup di dunia, apakah ini yang saya ingin
lakukan hari ini?"
Bila jawabannya kebanyakan "tidak", maka Anda tahu ada yang harus diubah dari alur kehidupan.
Lakukan customer service dengan kapasitas Anda
Pendiri situs Craigslist, Craig Newmark memiliki cara lain dalam
menjalankan satu jam pertama hari kerjanya, yakni dengan melakukan "customer service" dengan caranya sendiri.
Untuk pendiri situs ini, ia menghabiskan satu jam pertama di hari
kerjanya untuk menyapa kliennya, menjawab pertanyaan pelanggan, merespon
pelanggan, serta menghapus spam dari situsnya.
Bagi orang dengan kapasitas Craig, tentu ia punya calon klien yang lebih
besar untuk didatangi, tetapi ia memilih menjawab langsung
pelanggannya, baik yang besar maupun kecil. Menurutnya, customer service membantunya tetap berada di darat dan tidak merasa terlalu "tinggi".
Bentuk customer service untuk
Anda bisa dilakukan dengan cara lain, seperti menjalin kembali kontak
dari proyek yang dilangsungkan bertahun-tahun lalu, menanyakan kabar
rekan kerja yang jarang diajak ngobrol, bertanya kepada mentor, apa pun
kegiatan untuk menghubungkan sisi humanis di pekerjaan. Lakukan secara
rutin, dan Anda akan melihat ada banyak orang yang bersedia mengulurkan
tangan ketika keadaan sedang sulit.
Apa yang Anda lakukan di 1 jam pertama setiap hari kerja?
Tidak ada komentar